Honda CB500 Series Alami Penyegaran, Simak Ubahannya

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Honda CB500 series yang terdiri dari Honda CB500F, CBR500R dan CB500X mengalami penyegaran. Ubahan tidak hanya sekadar pada corak saja tetapi juga meliputi sektor mesin, sasis dan suspensi guna meningkatkan aspek kenyamanan berkendara.

Ubahan paling mencolok ada di suspensi depan. Kalau sebelumnya pakai jenis teleskopik, model mendatang gunakan upside down Showa dengan fitur SFF-BP (Separated Function Fork Big Piston) berdiameter 41 mm.

Komponen baru itu dilengkapi dengan preload yang dapat diatur. Mirip dengan yang digunakan CB650R, CBR650R. Berkat penggunaan peredam kejut baru berukuran besar, tampang depan jadi terlihat padat.

Walau sama-sama mengadopsi SFF-BP, suspensi CB500X memiliki travel lebih panjang yakni 135 mm atau lebih dari 5,3 inci. Penggunaan komponen anyar itu untuk meningkatkan handling dan kualitas berkendara.

Masih berkaitan dengan pengendalian, pabrikan memberi CB500F dan CBR500R versi 2022 dengan pelek aluminium alloy Y-spoke yang lebih ringan. Sedangkan CB500X memakai velg depan spoked 19-inci yang sama enteng, guna menunjang fungsinya sebagai motor adventure.

Baca Juga  Mahulette harap peserta UNBK lampaui target kelulusan 5,6

Lalu ketiga varian juga mendapatkan sistem pengereman baru. Kalau sebelumnya cakram tunggal 320 mm, kini pakai double disc brake berukuran 296 mm untuk roda depan. Dilengkapi pula dengan kaliper Nissin yang dipasang radial dan sudah tersemat fitur ABS.

Pabrikan juga meningkatkan di bagian sasis, bukan major update tapi minor lantaran hanya mengganti lengan ayun berbobot lebih ringan. Dalam konstruksinya, swingarm baru yang didesain ulang menggunakan baja 2 mm, bukan baja 2,3 mm.

Lalu berdesain silang berongga, yang menurut Honda lebih kaku secara rotasi dan juga fleksibel secara lateral untuk meningkatkan handling. Honda mengklaim perubahan ini dilakukan untuk membantu pengendalian saat melibas tikungan, meningkatkan daya cengkeram serta membuat berkendara jadi makin menyenangkan.

Baca Juga  Besok Malam, Gerhana Bulan Penumbra, Catat Jamnya

Pilihan Warna

Sayangnya untuk jantung mekanis tidak ada perubahan besar, masih sama dengan model sebelumnya. Mengusung mesin DOHC, 8 katup, 2 silinder segaris berkapasitas 471 cc, liquid cooled.

Mereka mampu mengeluarkan tenaga 47 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi 44,6 Nm di kitiran 6.500 rpm. Performa tersebut disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan dan dikawinkan dengan assist and slipper clutch.

Meski begitu, dalam keterangannya tertulis jika Honda memberikan penyempurnaan pada setingan PGM-FI agar penyaluran torsi lebih maksimal dan mengubah sedikit karakter mesinnya. Selain itu, berat berkurang sedikit karena pakai radiator baru, menghemat 92 gram dari sebelumnya.

Secara keseluruhan, fitur yang dimilikinya masih relatif sama dari model sebelumnya. Lampu sudah full LED, tapi headlamp mendapat update agar terangnya lebih maksimal. Instrumen kluster digital dengan tampilan negatif display, rem ABS, Assist & Slipper Clutch sudah menjadi standar. 

Baca Juga  31 Pati TNI Dimutasi. Pattipeilohy Staf Ahli, Zanibar Deputi di Wantanas

Seperti yang kita harapkan, CB500 series MY2022 mendapatkan cat baru. CB500F hadir dalam pilihan Pearl Smoky Grey, Mat Axis Grey Metallic, dan Pearl Dusk Yellow.

Sementara CBR500R 2022 ditawarkan dalam satu pilihan warna, Mat Gunpowder Black Metallic dengan grafis anyar yang menandakan warisan balap merek Honda.

Terakhir, CB500X 2022 menampilkan warna Mat Gunpowder Black Metallic dan Pearl Organic Green. Ketiganya juga tersedia dalam warna klasik Honda Grand Prix Red. 

(red/oto.com/liputan6)

No More Posts Available.

No more pages to load.