Belanda Temani Jerman ke Putaran Final Euro 2020

Porostimur.com | Ambon: Timnas Belanda dan timnas Jerman memastikan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 pada Minggu (17/11) subuh tadi waktu Ambon.

Belanda dan Jerman dan berhak melangkah ke Piala Eropa 2020 setelah meraih hasil berbeda pada dini hari tadi. Belanda ditahan imbang Irlandia Utara tanpa gol, sedangkan Der Panzer menang telak 4-0 atas Belarusia.

Jerman dan Belanda Lolos ke Piala Eropa 2020
Belanda lolos ke Piala Eropa 2020 setelah bermain imbang melawan Irlandia Utara. (AP Photo/Peter Morrison)

Belanda memulai pertandingan dengan tidak terlalu baik saat dijamu Irlandia Utara meski mendominasi penguasaan bola di Windsor Park. Bahkan skuat yang diarsiteki Ronald Koeman hampir saja tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Irlandia Utara mendapatkan hadiah penalti setelah Joel Veltman melakukan hand ball di kotak penalti. Beruntung tendangan Steven Davis yang jadi eksekutor melayang di atas mistar gawang Jasper Cillesen.

Setelah itu, permainan sepenuhnya jadi milik Belanda. Namun hingga akhir babak kedua tidak ada gol yang bisa dicetak tim tamu.

Tambahan satu poin sudah cukup bagi Belanda untuk menggaransi satu tempat di Piala Eropa 2019. Belanda mengikuti jejak Jerman yang sementara berstatus sebagai pemuncak klasemen Grup C.

Jerman dan Belanda Lolos ke Piala Eropa 2020
Jerman bersama Belanda melangkah ke Piala Eropa 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Di pertandingan lain, Jerman berhasil mengalahkan Belarusia saat bermain di Borussia Park, Monchengladbach. Skuat asuhan Joachim Loew sempat kesulitan di babak pertama sebelum Matthias Ginter membuka kemenangan lewat gol pada menit ke-41.

Jerman memperbesar keunggulan saat babak kedua baru berjalan empat menit. Sepak pojok Toni Kroos dikonversi jadi gol oleh Leon Goretzka lewat tendangan ke sudut kanan gawang lawan.

Enam menit berselang giliran Kroos yang menempatkan nama di papan skor. Gelandang Real Madrid tidak menyia-yiakan umpan matang Ginter untuk mengubah skor jadi 3-0.

Jerman tak berhenti menekan walau telah unggul 3-0. Satu gol tambahan pun berhasil diciptakan melalui gol kedua yang diciptakan Kroos pada menit ke-83 dan membuat skor akhir jadi 4-0. (red/rtl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: