BMKG: Gempa Magnitudo 6 di KKT Dipicu Aktivitas Subduksi Laut Banda

oleh -29 views

Porostimur.com, Ambon – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Senin petang, dipicu oleh adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng subduksi Laut Banda.

“Gempa jenis menengah. Analisis mekanisme sumber menunjukkan pergerakannya geser naik atau oblique thrust,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui keterangan tertulisnya, Senin.

Meski demikian, ia memastikan gempa bermagnitudo 6 tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Sebelumnya, Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 6 itu mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Senin petang sekitar pukul 18.55 WIT.

Gempa tersebut terletak di laut dengan koordinat 7,24° LS; 130,08° BT berjarak 158 kilometer arah Barat Laut Tanimbar, pada kedalaman 116 kilometer.

Baca Juga  Luncurkan Layanan Pertanahan Elektronik, BPN Kota Ambon Siap Layani Masyarakat

Selain Pantai Utara Maluku Barat Daya guncangan gempa juga dirasakan beberapa saat oleh warga di daerah Dawelor Dawera, Pulau-Pulau Babar, Amahai, dan Saumlaki dengan skala intensitas IV MMI. Kemudian daerah Kota Langgur dan Tual dengan skala intensitas III MMI.

Masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

No More Posts Available.

No more pages to load.