Buka Rakor Kesiapan Operasi Lilin, Ini Harapan Kapolda Maluku

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jelang pelaksanaan Operasi Lilin dengan sandi Siwalima, Polda Maluku menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral untuk membicarakan kesiapan operasi pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Rakor lintas sektoral yang dibuka secara resmi oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si, berlangsung di Ruang Rapat Utama Markas Komando Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (17/12/2020).

Hadir dalam rakor tersebut yaitu Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes, M.M, Irwasda Maluku, Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku, As Ops dan As Intel Kasdam XVI/Pattimura. Turut hadir Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Para Tokoh Agama, Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Kepala Dinas Perdagangan Maluku, Kepala BMKG Maluku, serta Kasat Pol PP Kota Ambon.

Baca Juga  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Perbatasan Ponorogo-Wonogiri

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh instansi terkait yang telah hadir dalam rapat koordinasi ini,” kata Kapolda Refdi Andri.

Menurutnya, rakor lintas sektoral merupakan awal pelaksanaan operasi lilin 2020. Tujuannya untuk mengamankan jalannya perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Harapan kami semoga pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung aman dan lancar sesuai dengan keinginan kita bersama,” ucapnya.

Selain pengamanan Natal dan Tahun Baru itu sendiri, Orang nomor 1 Polda Maluku ini, juga berharap adanya jaminan keamanan serupa yang terjadi di mall/swalayan, pasar, dan tempat rekreasi.

“Kita juga harus jamin masyarakat kita yang ke tempat rekreasi, mall, pasar dan lain-lain. Ini harus aman dan pengawasan juga terhadap protokol kesehatan. Masyarakat harus taat untuk menekan penyebaran covid 19,” pintanya.

Baca Juga  Ambon Masih di Zona Orange

Mantan Kakor Lantas Polri ini menyebutkan, rakor lintas sektoral yang dilakukan merupakan wadah bertukarnya informasi dan berita. Sehingga semua pihak terkait bisa mengetahui dan mengantisipasinya sejak dini.

“Untuk anggota yang mengamankan acara besar ini (Natal dan Tahun Baru) haruslah selalu mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya, sembari mengetuk palu tanda dibukanya rakor tersebut.

Untuk diketahui, setelah resmi dibuka Kapolda, kegiatan dilanjutkan dengan paparan Karo Ops Polda Maluku tentang Gangguan Kamtibmas di Maluku, perkembangan Cuaca, Gempa Bumi dan Kesiapan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Siwalima 2020.

Selain itu juga ada paparan dari Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease terkait kesiapan dan langkah-langkah yang akan diambil dalam Operasi Lilin Siwalima 2020. Kemudian koordinasi tingkat Forkompinda Kota Ambon untuk pengamanan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2021. Penekanannya pada disiplin penerapan protokol Kesehatan untuk menekan penyebaran Covid 19. (alena)