Cari KM Tiga Putri yang Hilang di Laut Maluku, Basarnas Kerahkan KN SAR Bhisma

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com | Luwuk: Badan SAR Nasional atau Basarnas Palu mengerahkan KN SAR Bhisma untuk melakukan pencarian KM Tiga Putri, kapal barang rute Taliabu, Maluku Utara – Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang hilang di laut Maluku sejak, 5 September 2021 sekira pukul 13.00 Wita.

Setelah menerima informasi hilangnya KM Tiga Putri dari pihak KPLP Luwuk, pada 7 September 2021, Basarnas Palu langsung menerjunkan KN SAR Bhisma dengan 8 personil ditambah 4 personil dari Pos SAR Luwuk.

Tim SAR juga ketambahan personil dari KPLP Luwuk dan KP3 Luwuk masing-masing satu orang sehingga total berjumlah 14 personil.

Sekira pukul 13.20 Wita, Tim Rescue Basarnas Palu melalui Pos SAR Luwuk menggunakan KN SAR Bhisma 239 menuju lokasi dengan jarak 66 NM dari Pelabuhan Luwuk atau sekira 4,5 jam pelayaran.

Tim SAR gabungan membawa peralatan dan perlengkapan berupa 1 unit sherider KN SAR Bhisma, peralatan medis, peralatan komunikasi, peralatan evakuasi, APD Covid-19, serta peralatan pendukung SAR lainnya.

Baca Juga  BPPSDM Kemenkes RI Apresiasi Pendayagunaan TKWNA di Ambon

Perkiraan cuaca di lokasi kejadian mengalami hujan ringan dengan arah angin selatan Barat Daya dan tinggi gelombang sekira 1,5 sampai dengan 2,5 meter.

KM Tiga Putri bertolak dari Pelabuhan Bapenu, Kabupaten Taliabu, Maluku Utara dengan 8 kru menuju Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada tanggal 4 September 2021 sekira pukul 11.00 WIT.

Kabar hilangnya KM Tiga Putri baru diketahui pihak KPLP Luwuk pada Selasa, 7 September 2021 yang kemudian melaporkan insiden itu ke Basarnas Palu.

Pada pelayaran dengan jarak tempuh sekira 154 NM itu, KM Tiga Putri dilaporkan mengalami kendala pada mesin kapal di koordinat TW 1°07’14.2″ S/ 123°52’37.6″E

(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.