Dinas Kesehatan Kota Ambon Antisipasi Kasus Hepatitis Akut

oleh -49 views

Porostimur.com, Ambon – Kasus Hepatitis Akut yang telah terdeteksi di Indonesia turut diantisipasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Rabu (11/5/2022) di Balai Kota mengakui, meski belum ada laporan kasus tersebut terdeteksi di kota Ambon namun pihaknya telah melakukan antisipasi.

Dijelaskan, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan melakukan screening di puskesmas seluruh wilayah kota Ambon apabila ada pasien datang dengan keluhan atau gejala Hepatitis, seperti muntah, mual, disertai demam.

“Untuk hepatitis akut hingga saat ini belum didapati laporan kasus, namun psuksesmas tetap lakukan screening, jika ada pasien dengan keluhan atau gejala tersebut maka akan diantisipasi, bila perlu dirujuk ke Rumah Sakit,” kata Kadinkes.

Baca Juga  KPU Maluku Tetapkan 45 Anggota DPRD Terpilih Periode 2024-2029

Diakuinya, Hepatitis bukanlah jenis penyakit baru. Peradangan hati atau liver ini telah dikenal memiliki banyak tipe yakni hepatitis A hingga Hepatitis E, bahkan untuk bayi yang baru lahir, telah diberikan imuniasi hepatitis yakni HB 0 hingga HB 4.

“Namun untuk kasus hepatitis akut ini tidak termasuk dalam tipe manapun, sehingga disebut hepatitis misterius dan menurut laporan lebih banyak menyerang anak hingga usia 16 tahun, jadi apabila ada anak yang datang dengan gejala Hepatitis harus diwaspadai,” terangnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.