Gunung Ibu Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter

oleh -15 views
Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara setinggi 2.000 meter di atas puncak pada Rabu (8/5/2024) dini hari. (Foto: PVMBG)

Porostimur.com, Jailolo – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, mengalami erupsi pada Rabu (8/5/2024) pukul 01.58 WIT. Tinggi kolom abu mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncaknya.

Kolom abu yang teramati memiliki warna kelabu hingga hitam dengan intensitas yang tebal mengarah ke timur dan tenggara. Erupsi tersebut direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum mencapai 28 mm dan durasi erupsi selama 127 detik.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan gunung, termasuk para wisatawan, diminta untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2 km dari puncak gunung dan pengembangan sektoral yang diperluas hingga 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah yang aktif.

Baca Juga  Mesir Kerahkan Konvoi Militer ke Perbatasan Gaza

Dalam situasi terjadinya hujan abu, disarankan agar masyarakat yang beraktivitas di luar rumah menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata). Selain itu, masyarakat diimbau untuk senantiasa mengikuti petunjuk dari pemerintah daerah setempat.

Seluruh pihak diminta untuk mempertahankan kondisi yang kondusif, menghindari menyebarkan informasi palsu, serta tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.