Kakanwil Lantik Pejabat Administrasi di Lingkungan Kemenkumham Malut

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut) menggelar Pelantikan dan Sumpah Pejabat Administrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut yang diikuti secara langsung dan secara virtual dilaksanakan terpusat di Aula Kanwil Kemenkumham Malut, Selasa (2/11/2021).

Dengan menerapkan protokol kesehatan dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (kakanwil) M. Adnan. Pelantikan juga dihadiri Kepala Divisi Administrasi, Raymond J. H. T, Kepala Divisi Keimigrasian, Filianto Akbar, Pejabat Struktural dan Pejabat Administrator Kanwil Kemenkumham Malut.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor SEK-36.KP.03.03 Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Administrasi dilingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,dengan atas nama Dadang Firmansyah, sebagai Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara, dan Mohammad Syaifur Rachman sebagai Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas II B Soa Sio.

Baca Juga  10 Hari Jelang Pilwako Tikep, Relawan Bagus Optimis Menang Mutlak

Rangkaian kegiatan pelantikan para pejabat adalah mengucapkan sumpah dan melaksanakan penandatangan berita acara pengambilan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah.

Mengawali sambutannya Kepala Kantor Wilayah M. Adnan, mengungkapkan prosesi pelantikan virtual di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai.

Pelantikan pada hari ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas – tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM khususnya dalam sub bidang pengelola benda sitaan barang rampasan, keamanan dan pelayanan tahanan kepada masyarakat.

“Saat ini pengembangan pola karier PNS tidak harus pada jabatan struktural, tetapi juga pengembangan terhadap pola karir serta menjalankan terkait aturan yang ada serta dituntut untuk bekerja secara mandiri dan profesional, dan pejabat yang sudah dilantik harus memberikan perilaku yang terpuji karena kita sebagai abdi negara harus menjadi teladan bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga  Bawaslu Halbar Tegaskan ke Penyelenggara Adhock Agar Jaga Integritas

Adnan juga menjelaskan bahwa jabatan itu adalah amanah, disisi lain sebagai tolak ukur Kinerja dan sekaligus sebagai jenjang karir seorang pegawai, dan jabatan bukan hanya sekedar kepercayaan dari pimpinan, akan tetapi harus dipertanggungjawabkan baik kepada Negara, Masyarakat terutama dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Mutasi jabatan di setiap intansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karir pegawai.

“Saya harap dengan mutasi ini dapat lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik, Pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” ungkapnya.

Mengahiri sambutannya Kakanwil berpesan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat untuk membangun dan meningkatkan prestasi terbaik, senantiasa mengedepankan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan, menjunjung tinggi etika sebagai ASN dan penuh tanggung jawab dalam memberikan kontribusi positif untuk meraih kinerja terbaik. (adhy)