Kapal China Sering Kelabui Radar Indonesia di Laut Natuna

oleh -81 views
Link Banner

Jakarta – Pemerintah masih menemukan kapal-kapal China berseliweran di laut Natuna. Padahal, larangan melintasi ZEE milik Indonesia itu sudah diultimatumkan.

Temuan terbaru TNI Angkatan Laut memperlihatkan bahwa masih ada beberapa kapal China yang berjejer di batas landas kontinen Indonesia-Vietnam. Dan ternyata, kapal milik China diketahui sengaja tidak menyalakan transponder agar tidak terdeteksi perangkat milik TNI AL.

Mengutip postingan akun resmi Instagram Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) @puspenerbal, Senin (03/02/2020), tanggal 29 Januari 2020, tercatat 4 kapal pemerintah Vietnam masih terdeteksi memagari batas landas kontinen Indonesia-Vietnam, dan 1 unit kapal Coast Guard China ditemukan berkeliaran di ZEE Indonesia.

Data tersebut diperoleh dari patroli udara rutin yang dilakukan oleh pesawat CN235 MPA TNI AL.

“Seluruh kapal Vietnam menyalakan transponder sehingga terdeteksi oleh perangkat penerima AIS (Automatic Identification System) milik TNI AL. Namun, berbeda dengan kapal Coast Guard China yang tidak menyalakan, sehingga tidak terpantau manuvernya,” demikian tulis admin akun tersebut.

Baca Juga  Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar Hadiri Penyambutan Satgas BKO Kodim

Kendati demikian, kapal China ini berhasil terdeteksi radar surveillance milik pesawat P-8304 dari jarak 120 NM, sekitar 222 km. Setelah diobservasi beberapa menit, Kapten Pilot May Febriyanto memutuskan untuk melakukan identifikasi visual.

“(Ternyata), kontak permukaan laut tersebut teridentifikasi sebagai kapal Coast Guard China dengan nomor lambung CCG-5305,” demikian keterangan menyebutkan.

Meskipun tidak dianggap melanggar, namun kehadiran kapal Coast Guard China sering ditujukan untuk mengawal kapal ikan China yang memancing di area ZEE Indonesia. Oleh karenanya, TNI AL mengawasi kapal tersebut dengan pesawat patroli maritim TNI AL CN235 MPA serta beberapa kapal perang Indonesia.