Kembali Nakhodai DPD Demokrat Maluku, Pattiasina Ajak Kader dan Sesama Partai Berpolitik Santun

oleh -111 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Elwen Roy Pattiasina resmi dilantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Maluku, Senin (1/11/2021).

AHY melantik pria yang akrab disapa Roy tersebut bersama kepengurusan DPD Partai Demokrat Maluku berdasarkan hasil dari Musyawarah Daerah (Musda) II DPD Demokrat Maluku yang digelar beberapa waktu lalu. Di mana Elwen Roy Pattiasina terpilih secara aklamasi menakhodai DPD Demokrat Maluku untuk yang kedua kali periode 2021-2026.

“Kami tentu bersyukur di situasi pandemi ini Partai Demokrat tetap bekerja, tetap melaksanakan aktivitas dengan tetap menegakkan protokol kesehatan dan melaksanakan pelantikan secara virtual melibatkan DPP (Dewan Pimpinan Pusat), DPD serta Dewan DPC (Pimpinan Pimpinan Cabang) dan luar biasa bisa berjalan dengan baik,” ujar Pattiasina, Senin (1/11/2021).

Ia juga besyukur walaupun pelaksanaan di situasi saat ini cukup berat, tetapi bisa berjalan dengan baik dan menurutnya ini membuktikan semangat kader Partai Demokrat Maluku yang ingin menghadirkan Demokrat sebagai salah satu kekuatan partai politik di Maluku yang tentunya juga bersama dengan partai-partai politik yang lainnya.

Sebagai kader dan pimpinan Demokrat di Maluku berharap dan mengajak khususnya kepada kader Demokrat dan partai lainnya bekerja sama untuk menciptakan dinamika politik yang positif dan beretika di Maluku.

Baca Juga  Tim Masev Kunjungi Kegiatan TMMD Buru

Sekalipun ingin menang dalam kontestasi politik yang mungkin dilakukan dengan segala upaya bekerja keras, tapi juga harus sadar tentang satu hal bahwa ada dalam satu komunitas politik besar di Maluku.

“Artinya kita harus tahu keberadaan kita di tengah-tengah politik Maluku ini yang tetap mengedepankan politik santun sebagaimana iktikad kami berpolitik dengan santun,” tegas Pattiasina.

Menurutnya, makna politik santun itu mengedepankan etika berpolitik yang baik, benar dan toleran dengan yang lainnya. Walaupun misal partainya sebagai partai pemenang sekalipun, tetap bertoleransi berpolitik yang positif, yang dinamis dan beretika.

Yang tidak kalah penting lanjutnya, berpolitik itu bukan sekadar mencapai kemenangan untuk mendapatkan kekuasaan, tetapi juga turut membangun. Yaitu membangun retorika politik yang positif agar pemahaman masyarakat Maluku terhadap romantika politik Maluku itu betul-betul dari sisi nilai hidup berbangsa dan bernegara yang walaupun penuh dengan perbedaan tetapi tetap mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Baca Juga  Dari LIN Hingga Kelangkaan Listrik di Maluku, 2 Hal yang Dibahas Pemprov & Pempus

“Ini yang saya kira penting yang dilakukan oleh setiap partai politik. Nah Partai Demokrat menghadirkan itu di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya lagi.

Soal target pemilu 2024, tentu semua partai ingin menang. Namun, yang paling penting pelaksanaan pesta demokrasi itu bisa membentuk dan membangun kepribadian masyarakat bangsa dalam berpolitik.

“Ini yang sangat penting menurut saya karena kita tidak berlari mencapai sebuah tujuan, tetapi kita sedang menjalani proses membentuk serta membangun kepribadian masyarakat bangsa dalam berdinamika politik,” katanya.

Masyarakat itu harus dididik agar bagaimana mereka mencernai, memahami dan memberi respons positif terhadap refleksi politik yang ditampilkan oleh setiap partai politik dan tokoh-tokoh politik.

Oleh sebab itu ia berpesan agar berhati-hatilah kepada kader maupun politikus lainnya untuk bernarasi, berperilaku dan berhati-hatilahmenyajikan komunikasi politik. Apalagi Maluku dianugerahi keanekaragaman suku, budaya, agama dan latar belakang. Itu harus dipahami.

Baca Juga  SBY Dituduh Wariskan Skandal Jiwasraya ke Jokowi, Demokrat Balas dengan Data

Karena itulah jangan serta merta menampilkan berdasarkan asumsi, intuisi dan pikiran pribadi saja, tapi juga harus bisa mencernai dinamika politik itu dari sisi masyarakat yang ada di Maluku.

“Nah kalau kita ingin menjadi bagian terbaik di Maluku, ya harus kita menyajikan hal-hal yang positif di depan masyarakat, jangan yang negatif,” ucap Roy mengingatkan.

Terkait pelantikan dirinya ini, Pattiasina juga mengharapkan dukungan masyarakat Maluku dalam hal partainya mengajak untuk bagaimana bersama-sama membangun budaya politik bangsa yang dinamis di Maluku.

Pelantikan secara virtual ini tidak hanya dilakukan untuk pelantikan DPD Demokrat Maluku yang bertempat di lantai 5 Hotel Manise, Ambon, tapi juga bersamaan dengan pelantikan DPD Demokrat Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat. (keket)