Kemenag Maluku Siap Sukseskan UDG Tingkat Nasional Tahun 2020 di Ambon

oleh -96 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah  (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku siap mensukseskan pelaksanaan Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV di Kota Ambon pada tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Maluku Sukardi Rianto, S.Ag kepada media ini, Kamis (5/12).

“Kita siap sukseskan pelaksanaan Utsawa Dharmagita di Kota Ambon pada tahun 2020 yang merupakan ajang lomba nyanyian suci keagamaan Hindu se-Indonesia,” kata Pembimas

Penetapan Maluku sebagai tuan rumah, kata Pembimas telah diputuskan pada rapat Nasional Lembaga Pengembangan Dharmagita (LPDG) di Bali beberapa waktu lalu dan telah menyepakati Provinsi Maluku untuk menjadi tuan rumah UDG Tingkat Nasional XIV Tahun 2020, hal ini dikuatkan dengan dikeluarkannya SK Menteri Agama RI nomor 866 tahun 2019 tentang penetapan Kota Ambon sebagai tuan rumah UDG Tingkat Nasional XIV Tahun 2020.

“Alasan Maluku masuk jadi tuan rumah, karena Maluku sudah biasa melaksanakan even-even nasional keagamaan. Selain itu kesiapan tempat atau lokasi serta sarana dan prasarana sudah baik, setelah dilakukannya survey,” paparnya.

Baca Juga  Kanwil Kemenag Malut Bagi Sembako untuk Pegawai Honorer

Masih kata Sukardi, penetapan Maluku sebagai tuan rumah ini sudah disampaikan pada pemerintah provinsi Maluku dan mendapat dukungan penuh dari Wakil Gubernur Maluku saat pertemuan dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat (BINMAS) Hindu Departemen Agama RI, Prof. Drs, I Ketut Widnya bersama dengan Kakanwil Kemenag Maluku dan pihak berkepentingan lainnya.

“Kami juga sudah menyampaikan kepada bapak wakil gubernur terkait pelaksanaan Utsawa ini. Nantinya dibentuk dua panitia satu di pusat dan didaerah,” ungkapnya.

Untuk waktu pelaksaan, menurut Pembimas akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2020. Sementara untuk lokasi pembukaan acara direncanakan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Ambon.

“Jadi rencananya kegiatan akan dilaksanakan pada pertengahan tahun atau pada saat libur sekolah, untuk tempat pembukaan rencana di Lapangan Merdeka, tapi nanti disesuaikan dengan kondisi lapangan,” kata Pembimas

Baca Juga  Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku Terus Lestarikan KRPL

Sukardi menjelaskan dengan dilaksanakannya UDG di Kota Ambon membuktikan kehidupan beragama yang ada di Maluku berjalan dengan baik dan rukun dan akan melahirkan sesuatu yang positif bagi kehidupan beragama.

“Ini membuktikan bahwa kehidupan beragama, Kegiatan-kegiatan keagamaan ini bisa berlangsung dengan baik dan saya kira ini adalah sebuah hal yang positif,” jelasnya.

Oleh karenanya Sukardi berharap kegiatan tersebut bisa melibatkan umat-umat beragama lainnya. Demi kelancaran dan kesuksesan Kegiatan tersebut.

“Saya juga berharap bahwa UDG ini juga bisa melibatkan umat beragama lain dalam rangka untuk menunjang kesuksesan dari kegiatan UDG,” ujarnya. (shinta)