Kisah Nyata Kesepakatan Damai Oslo Hadir di Film

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kisah nyata tentang negosiasi di balik Kesepakatan Damai Oslo pada 1993 dituangkan dalam sebuah film. Sinema bertajuk Oslo itu akan tayang perdana pada Ahad, 30 Mei 2021 di HBO dan HBO GO.

Persetujuan Damai Oslo disetujui di Oslo, Norwegia, pada 20 Agustus 1993 dan secara resmi ditandatangani di Washington DC, Amerika Serikat, pada 13 September 1993. Ada beberapa pihak yang terlibat.

Setelah puluhan tahun ada dalam peperangan, Israel dan Palestina sepakat untuk berdamai. Pada perjanjian itu, Mahmud Abbas mewakili Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Shimon Peres mewakili Israel. 

Penandatanganan disaksikan oleh Warren Christopher dari AS dan Andrei Kozyrev dari Rusia. Berlangsung di depan Presiden AS Bill Clinton dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dengan Ketua PLO Yasser Arafat.

Sementara, film mendatang lebih menyoal pembicaraan rahasia di luar saluran, pertemanan yang tak terduga, dan sikap heroik dari sekelompok kecil orang. Mereka terdiri dari orang Israel, Palestina, dan pasangan asal Norwegia yang membawa pada Kesepakatan Damai Oslo.

Baca Juga  Pakai Jersi Hijau, Bukti Kepedulian Real Madrid pada Isu Lingkungan

Film mengadaptasi drama berjudul sama yang memenangkan Tony Award. Sineas Bartlett Sher menjadi sutradara film sekaligus produser eksekutif. Skenarionya ditulis oleh JT Rogers, yang juga menulis drama panggungnya.

Oslo dibintangi Ruth Wilson sebagai Menteri Luar Negeri Norwegia, Mona Juul. Dia beradu akting dengan aktor Andrew Scott yang berperan sebagai suami Mona sekaligus sosiolog Norwegia, Terje Rød-Larsen.

Pemeran lain yakni Salim Daw sebagai Menteri Keuangan PLO Ahmed Qurie, Waleed Zuaiter sebagai Hassan Asfour (penghubung PLO), dan Jeff Wilbusch sebagai Dirjen Kementerian Keuangan Israel Uri Savir.

Sinema turut menampilkan Igal Naor, Dov Glickman, Rotem Keinan, Itzik Cohen, Tobias Zilliacus, dan Sasson Gabay yang punya beragam peran asal Norwegia, Palestina, maupun Israel. 

Baca Juga  Wakapolda Maluku Ikut Peluncuran Polri Tv Radio Presisi

(red/republika)

No More Posts Available.

No more pages to load.