KPU Aru Pastikan Sebagian Warga Dosi Tidak Dapat Memilih

oleh -40 views
Link Banner

Porostimur.com | Dobo: KPU Kabupaten Kepulauan Aru memastikan senagian warga Dosi kecamatan Aru Tengah Timur tidak dapat memilih besok.

Hal tersebut disampaikan ketua KPU Aru, Mustafa Darakay kepada wartawan, Selasa (8/12/2020) di ruang Sekretaris KPU Aru.

Darakay memastikan sebagian warga Dosi yang terdaftar dalam DPT tidak dapat memilih, karena surat keterangan pinda domisili yang di keluarkan Disdukcapil Aru hanya 116 orang dari total 171 orang dan itu sudah saya tanda tangan dan sudah keluarkan Fom A5.

Selain itu, sesuai aturan, batas waktu KPU, atau KPU Aru mengeluarkan fom A5 itu tanggal 6 Desember 2020 kemarin.
Sehingga, sisa 55 warga dosi yang terdaftar dalam DPT sudah pasti tidak dapat laksanakan hak pilihnya.

“KPU Aru mengambil langkah tersebut sebagai solusi agar mereka warga dosi dapat melaksanakan hak pilihnya, namun hingga kini surat keterangan pinda domisili yang di keluarkan Disdukcapil Aru dan sudah KPU Aru terima sebanyak 116 orang,” jelas Darakay.

Baca Juga  Kadis Inspektorat KKT Siap Tindak Lanjut Laporan Masyarakat Terkait Program Tanki Septik

Maka dengan sendirinya sisa sekitar 55 orang warga dosi tersebut sudah pasti tidak dapat melaksanakan hak pilih pada pilkada bupati dan wakil bupati Aru di esok hari,” tambahnya.

Dikatakan, Kita tidak bisa jadikan PKPU nomor 13 tahun 2020 sebagai dasar untuk di keluarkannya fom A5 maupun membentuk TPS khusus bagi mereka, karena bagi KPU Aru tidak ada konflik di situ, kalau pun ada itu sudah lama terjadi dan sudah di tetapkan DPT.

Kan, ada cukup banyak waktu ketika saat tahapan DPS, mestinya pihak kecamatan sudah melaporkan sehingga proses penetapan DPT mereka sudah di alihkan ke wilayah PP Aru.

Sementara, kaitan dengan rekomendasi Bawaslu Aru terkait dengan masalah 171 warga dosi, hingga kini KPU Aru belum menerima rekomendasi tersebut.

Baca Juga  5 Cara Merawat Kuku Biar Tetap Kuat, Mulus dan Berkilau

Kpu Pastikan Seluruh Fom C Pemberitahuan Kwk Telah Terbagi

Mustafa Darakay juga memastikan seluruh Fom C Pemberitahuan KWK atau undangan sudah terbagi ke semua pemilih sesuai dengan jumlah DPT 68.884

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Aru, Mustafa Darakay kepada wartawan, Selasa (8/12) kantor KPU Aru

Dikatakan, untuk fom CPemberitahuan KWK semuanya sudah terbagi, memang ada beberapa desa di bagian selatan yang kurang, seperti di Desa Jelita kecamatan Aru Selatan, namun ketika di beritahukan maka semuanya kini sudah teratasi.

Sementara untuk wilayah aru tengah secara keseluruhan sudah aman, begitupun wilayah Aru Utara secara keseluruhan.

Saya pastikan sudah terbagi, karena sampai saat ini tidak ada laporan dari petugas terkait dengan fom C Pemberitahuan KWK tersebut.

Baca Juga  Ribuan Warga Jerman Berdemo Tolak Pakai Masker, Politikus Sebut "Covidiot"

Sementara untuk Kecamatan PP Aru, sore ini pun saya pastikan semuanya telah terbagi kepada para pemilih dan sudah terima.

Begitupun dengan logistik sisa pada dua kelurahan, Kelurahan Galay Dubu dan Kelurahan Siwalima, begitu pun dua desa, yakni Desa Wangel dan Desa Durjela hari ini pun saya pastikan semuanya terdistribusi ke setiap titik TPS.

Sementara dari sisi keamanan, Polres Aru telah menjamin semua proses Pilkada tetap aman dan kondusif hingga selesai. (latif)