Kudeta Militer di Bolivia Gagal, Tentara yang Kepung Istana Negara Pilih Mundur

oleh -23 views
Tentara Bolivia berjaga di luar istana presiden di Plaza Murillo di La Paz, Rabu, 26 Juni 2024. (AP/AP)

Porostimur.com, La Paz – Kendaraan lapis baja menabrak pintu istana negara Bolivia pada hari Rabu (26/6/2024) waktu setempat, dalam sebuah upaya kudeta yang gagal. Presiden Bolivia Luis Arce berjanji untuk bersikap tegas dan menunjuk komandan militer baru yang memerintahkan pasukan yang mengepung istana untuk mundur.

Tak lama kemudian para tentara itu mundur, bersama dengan barisan kendaraan militer, ketika ratusan pendukung Arce menyerbu alun-alun di luar istana. Mereka mengibarkan bendera Bolivia, menyanyikan lagu kebangsaan, dan bersorak.

Arce, dikelilingi oleh para menteri, melambai ke arah kerumunan. “Terima kasih kepada rakyat Bolivia. Biarkan demokrasi terus berjalan,” katanya.

Beberapa jam kemudian, seorang jenderal Bolivia yang diduga berada di balik aksi kudeta ini, Juan José Zúñiga ditangkap setelah jaksa agung membuka penyelidikan. Belum jelas apa tuduhan yang dikenakan kepadanya.

Baca Juga  Kanwil BPN Maluku Luncurkan Layanan Pertanahan Elektronik

Diketahui, kendaraan lapis baja menabrak pintu Istana Negara Bolivia hari Rabu. Presiden Luis Arce mengatakan negaranya menghadapi percobaan kudeta. Ia bersikeras tetap berdiri teguh dan mendesak warga untuk melakukan mobilisasi.

Zúñiga dalam komentarnya kepada wartawan sebelum penangkapannya menyatakan bahwa Arce sendiri yang menyuruh sang jenderal untuk menyerbu istana sebagai tindakan politik.

No More Posts Available.

No more pages to load.