PM Belanda Mark Rutte Resmi Ditunjuk sebagai Sekjen NATO

oleh -6 views
PM Belanda Mark Rutte dipilih sebagai Sekjen PBB. Foto/Reuters

Porostimur.com, Amsterdam – Anggota NATO memilih Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte sebagai pemimpin NATO berikutnya. Penunjukkan itu ketika perang di Ukraina sedang berkecamuk dan ketidakpastian masih membayangi sikap Amerika Serikat di masa depan terhadap aliansi transatlantik tersebut.

Penunjukan Rutte hanya menjadi formalitas setelah satu-satunya saingannya untuk jabatan tersebut, Presiden Rumania Klaus Iohannis, pekan lalu mengumumkan bahwa ia telah mundur dari pencalonan, karena gagal mendapatkan dukungan.

“Dewan Atlantik Utara memutuskan untuk menunjuk Perdana Menteri Belanda Mark Rutte sebagai Sekretaris Jenderal NATO berikutnya, menggantikan Jens Stoltenberg,” kata NATO dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera.

“Rutte akan menjalankan fungsinya sebagai Sekretaris Jenderal mulai 1 Oktober 2024, ketika masa jabatan Tuan Stoltenberg berakhir setelah sepuluh tahun memimpin Aliansi,” tambahnya.

Baca Juga  Penjabat Bupati Jasmono Sambut Kepulangan 81 Jemaah Haji Asal Maluku Tenggara

Setelah menyatakan minatnya pada jabatan tersebut tahun lalu, Rutte memperoleh dukungan awal dari anggota utama aliansi tersebut termasuk Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Jerman.

Negara-negara lain lebih enggan, terutama negara-negara Eropa Timur yang berpendapat bahwa postingan tersebut harus diberikan kepada seseorang dari wilayah mereka untuk pertama kalinya.