Kunjungi Negeri Wakasihu, Plt Kakanwil Kemenag Maluku Dzikir Bersama Warga

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag melakukan kunjungan silaturahmi ke Negeri Wakasihu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, Ahad (26/1/2020).

Didampingi Kasubbag Umum dan Humas, H. Abdul Karim Rahantan, S.Ag, Kepala Seksi Urais dan Binsyar, H. Ali Lambulussy, dan Kepala Seksi Kepenghuluan dan Bina Keluarga Sakinah, Latif Wabula, Jamaludin Bugis disambut hangat Raja Negeri Wakasihu, H. Ahmad Polanunu bersama warga setempat.

Dalam lawatan pasca menghadiri acara syukuran peresmian gedung asrama siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Maluku Tengah, Jumat 24 Januari 2020 kemarin, Jamaludin menyempatkan waktu untuk berdzikir bersama warga Negeri Wakasihu demi memperteguhkan kembali ukhuwah Islamiah di wilayah tersebut.

Baca Juga  Hasil Penelitian di Jepang, Face Shield tak Cukup Efektif Cegah Covid-19, Ini Sarannya

“Selaku Plt Kakanwil Kemenag Maluku, saya menyampaikan apresiasi setingginya atas terlaksana kegiatan silaturahmi dan dzikir ini,” puji Jamaludin dihadapan warga Negeri Wakasihu.

Istigosah yang digagas Yayasan Ishaq Al-Hijrah bersama Majelis Silaturahmi Provinsi Maluku ini dirangkai dengan bakti sosial, khitanan, serta pengobatan massal.  Kegiatan tersebut berlangsung dibawah sorotan tema “Membina Ukhuwah Islamiah dan Mempersiapkan Diri Untuk Suatu Perubahan”.

Jamaludin berharap, kegiatan Bakti untuk Negeri yang dipimpin Dokter Sofyan Umarella tidak sekedar bersifat seremonial semata, tetapi dimaknai dalam rangka membangun ukhuwah Islamiah.

“Islam tidak bisa berdiri tegak tanpa ukhuwah atau persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Dijelaskan, kegiatan dzikir dan silaturahmi menjadi momentum untuk mewujudkan nilai-nilai kasih sayang di antara sesama. 

Baca Juga  Viral Lagu Indonesia Raya Dilecehkan: Matilah Jokoko, Mampuslah Soekaporno

Sebagai mayoritas penduduk terbesar di Indonesia, Jamaludin mengatakan, bila umat Islam bersatu, maka ukhuwa akan kuat di masa-masa mendatang.

“Jadi persatuan adalah nikmat terbesar. Ia merupakan pancaran cahaya Rabbani,” jelasnya.

Sisi lain, umat Islam perlu saling memahami, tolong menolong, dan saling mengisi agar kehidupan berjalan aman dan damai. 

“Mari kita bagandeng tangan. Bantu Kemenag wujudkan kehidupan umat rukun. Jauhi profokasi yang merusak, agar kedamaian terjalin di Maluku,” seru Jamaludin

Dr. Sofyan Umarella dalam tausiyahnya menyampaikan hal senada. Menurutnya, penting membangun persatuan dan menghindari perpecahan. 

“Islam datang tidak mengajarkan diskriminasi. Ajaran yang dibawah Nabi Muhammad SAW ini justru menyatukan semua manusia dalam satu kalimat laa ilaaha Illallah,” imbuhnya.

Baca Juga  Bersihkan sampah, petugas kebersihan temukan mayat bayi

Dzikir yang dipusatkan di masjid Cakramarussalam selanjutnya dilanjutkan dengan doa bersama agar Maluku terhindar dari segala bencana dan musibah. (keket/ebot)