Lantamal IX Ambon Gelar Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam La Nina

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Laksamana Pertama TNI. Eko Jokowiyono, SE, M.Si menggelar Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam La Nina Tahun 2020.

Bertindak selaku Dansatgas Penanggulangan Bencana Alam, Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal IX Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo. Bertempat di Lapangan Apel Lantamal IX Kec. Baguala Kota Ambon, Rabu (23/12/2020).

TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahanan negara dituntut mampu melaksanakan tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sehingga mampu mewujudkan pembangunan menuju operational Feady Force atau kekuatan yang siap dioperasikan.

La Nina adalah fenomena suhu permukaan laut yang menurun sepanjang timur dan tengah Samudera Pasifik di garis khatulistiwa. Penurunan suhu tersebut sebanyak 3° hingga 5° C dari suhu normal. Kemunculan fenomena La Nina biasanya berlangsung paling tidak selama lima bulan.

Fenomena ini dapat menyebabkan musim hujan yang lebih panjang atau musim kemarau yang basah di wilayah Indonesia dan peningkatan curah hujan yang signifikan pada saat musim hujan berlangsung, sehingga bencana hidrometeorologi rawan terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga  Layani 246 peserta UNBK, SMAS Kristen YPKPM Ambon gelar 3 sesi ujian

Pelaksanaan apel gelar kesiapan Satgas penanggulangan bencana alam La Nina ini sebagai wujud Responsif Lantamal IX dalam menghadapi fenomena alam yang terjadi dan sulit kita prediksi. Oleh karena itu Kesiapan fisik maupun material mutlak harus kita miliki “Ujar Danlantamal IX”

Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa keberadaan TNI AL dimanapun berada harus siap sedia dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya menjadi garda terdepan penanganan penanggulangan bencana alam tersebut.

Hadir dalam kegiatan Wadan Lantamal IX, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker jajaran Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX, Personil Satgas Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX. (alena)