Mailoa : Sumpah Pemuda, refleksi perjuangan rakyat

oleh -62 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Menelisik perjalanan Bangsa Indonesia saat ini, serta semakin terdegradasinya semangat kepemudaan dalam partisipasi pembangunan, tokoh pemuda di Maluku mulai angkat bicara.

Semangat pemuda sebagai salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa, harus terus dipupuk dan dipelihara bahkan harus dikembangkan.

Hal ini dibenarkan salah satu tokoh pemuda Maluku, sekaligus anggota calon legislatif DPRD Kota Ambon periode 2019/2024 dari dapil Sirimau, Gorby Ryon Lesfinovs Tasik Mailoa, saat dikonfirmasi @porostimur.com di Ambon, Senin (29/10).

Dijelaskannya, kurang lebih 90 tahun yang lalu, tanggal 28 Oktober 1928, sejarah besar telah terjadi dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Link Banner

Dimana, pada saat itu dilakukan pergerakan dari perkumpulan kaum-kaum muda lintas wilayah di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah yang salah satunya adalah Jong Ambon.

Baca Juga  Insiden pemuda Salobar nodai nuansa penyelenggaraan Pesparani

”Sikap pemuda saat itu memaknai sungguh pergerakan tersebut, yang dilakukan atas dasar kesatuan dan persatuan bersama tanpa memandang sisi perbedaan (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) dengan semangat serta tekad untuk memerdekakan rakyat Indonesia dari segala bentuk penjajahan kolonialisme. Tonggak pergerakan ini yang menjadikan posisi Pemuda sebagai agen perubahan (agen of change) dalam membangun peradaban Bangsa dan Negara Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, Negara Indonesia dalam konteks masa kini, tengah diperhadapkan dengan beberapa tantangan yang berbeda dengan masa-masa sebelumnya.

Sebut saja maraknya tindakan radikalisme/terorisme, provokasi, ujaran kebencian yang mengandung unsur SARA, penyebaran berita/informasi bohong (hoax), peredaran narkoba yang semakin menjadi-jadi, kesiapan sumber daya dalam menyambut pasar bebas (free market), bonus demografi 2020, revolusi industri 4.0 dan lain sebagainya.

Baca Juga  DitReskrimum tetapkan dahulukan laporan Huwae

”Untuk itu menjadi penting bagi kita Kaum Pemuda Indonesia terkhususnya Pemuda di Kota Ambon untuk berdiri pada garda terdepan dalam melawan hal-hal yang merusak tatanan hidup berbangsa dan bernegara serta tidak juga lengah dan lalai dalam mempersiapkan kualitas diri sehingga memiliki daya saing,” tegasnya.

Menjadi cacatan penting bagi seluruhe pemudadi Kota Ambon pun diajaknya merefleksikan Hari Sumpah Pemuda ini yang sejak dahulu Pemuda Ambon (Jong Ambon) diketuai oleh Johanes Leimena, telah turut serta berjuang untuk kehidupan bangsa dan negara.

”Hal ini tentunya mesti dijadikan sejarah yang telah membuktikkan bahwa kita (Pemuda Ambon-Red) memiliki karakter yang kuat dan tangguh. Perjuangan kita sebagai generasi muda sekarang adalah melanjutkan perjuangan para pemuda terdahulu, agar rakyat dapat sejahtera dan makmur, rakyat bebas dari penindasan, rakyat bebas dari ketidakadilan, sehingga Indonesia semakin maju dan hebat karena pemudanya,” pungkasnya. (keket)