Menyaksikan “Tabob” di Tengah Laut Pantai Ngurtafur Maluku Tenggara

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Kalau kamu pergi ke Maluku Tenggara, tak ada salahnya mengunjungi pantai unik satu ini, yakni Pantai Ngurtafur yang berada di Pulau Woha, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantai Ngurtafur ini terbilang cukup unik, bagaimana tidak? Biasanya jika kamu berwisata ke pantai mungkin hanya bisa menikmati keindahan dari tepiannya saja, namun di Pantai Ngurtafur kamu bisa berjalan ke tengah laut tanpa menggunakan perahu atau kapal.

Berdasarkan bahasa Kei ngurtavur atau ngurtafur artinya pasir timbul. Ngurtafur merupakan hamparan pasir putih timbul yang membelah laut.

Kalau dilihat dari atas kejauhan pasir putih di pantai ngurtafur timbul membentuk garis meliuk-liuk atau menzigzag sekitar 2 km, dan akan terlihat jelas bila air laut mulai surut.

Hamparan pasir putih membentang ke tengah laut dengan birunya air laut jernih akan menambah kesan keindahan di Ngurtafur. Bikin kamu betah berada disini!

Baca Juga  Kondisi Jalan Licin dan Berlumpur, Satgas TMMD Angkut Matrial Besi dengan Berjalan Kaki
Burung Pelikan/mytrip

Keindahan pantai ngurtafur tak cukup disini saja, selain itu kamu akan disambut dengan ratusan burung pelikan yang sedang singgah di Pantai Ngurtafur. Burung Pelikan tersebut memang tinggal di sekitar pantai, bukan migrasi dari Australia.

Bahkan bila kamu beruntung akan melihat kawanan penyu belimbing dan yang lebih seru lagi kamu bisa bertemu penyu tertua yang ada di Pantai Ngurtafur bernama “Tabob”.

Rute Menuju Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur Maluku ini terletak di wilayah Laut Banda dan berada di Pulau Woha, kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu harus menggunakan pesawat menuju Bandara Karel Sadsuitubun di Kota Langgur, dengan waktu perjalanan sekitar 5 jam.

Dari Bandara Karel Sadsuitubun kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ohoi Debut. Dari pelabuhan ini kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan perahu menuju pantai ngurtafur dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Baca Juga  Rangkul warga, Polda Maluku gelar sholat subuh berjamaah

Jam Operasional dan Tiket Masuk Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur buka selama 24 jam. Namun untuk berkunjung ke Pantai Ngurtafur kamu harus melihat pasang surut air laut agar bisa menikmati pasir timbul. Waktu terbaik yaitu ketika Bulan April-Mei atau Bulan Oktober-Desember.

Tiket masuk ke Pantai Ngurtafur tidak ada artinya gratis, namun kamu perlu mempersiapkan biaya untuk menyewa perahu dengan kisaran harga Rp 1 Juta per perahu dan dapat diisi oleh 8 hingga 10 orang.

(red/eky/nusadaily)

No More Posts Available.

No more pages to load.