Pemerintah Kecamatan Botang Lomang Bakal Gelar Upacara HUT RI Ke 77 di Atas Laut

oleh -120 views
Link Banner

Porostimur.com, Labuha – Pemerintah Kecamatan Kepulauan Botang Lomang, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara dalam momentum memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022 pada tanggal 17 Agustus mendatang bakal melaksanakan upacara dengan cara yang jarang dilakukan.

Pasalnya, upacara HUT RI ke 77, pemrintah kecamatan merencanakan jembatan Desa Bajo dan laut sebagai lapangan upacara.

Konsep upacara di atas jembatan dan laut tersebut disampaikan Camat Kecamatan Kepulauan Botang Lomang Abdul Rakib Mochtar, bahwa upacara tersebut sebagai filosofi dari kultur masyarakat pesisir kepulauan di Botang Lomang.

“Jadi kita akan upacara di atas jembatan dan laut. Ini menunjukkan filosofi masyarakat kepulauan. Bahwa kita dalam melintasi antara desa ke desa, harus menggunakan armada laut,” ucap Abdul Rakib Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, untuk progres perencanaan saat ini, panitia Kecamatan terkendala ddngan tiang bendera yang harus didirikan diatas jembatan yang di bawahnya laut.

Baca Juga  Fresly Nikijuluw Kembali Rilis Single Baru “Jang Cari Lai”, Sudah Ditonton 64 Ribu Kali Loh!

“Hal paling urgen untuk upacara nanti adalah tiang bendera. sementara ini masih dalam proses welding. Itu saja kendalanya saat ini. karena diatas jembatan sulit untuk menancapkan tiang bendera,” tuturnya

Menariknya kata Abdul Rakib, selain mengundang seluruh desa di kecamatan Botang Lomang untuk ikut upacara nanti, seluruh armada laut akan dikerahkan untuk menunjang kebutuhan upacara dan para peserta yang mengikuti upacara di atas laut.

“Nanti 8 desa di kecamatan di Botang Lomang kita undang. Karena pada upacara nanti akan sediakan armada laut dari yang besar hingga kecil. Seluruhnya akan di hiasi dengan bendara merah putih. Pembina upacara juga nantinya akan di arahkan dari Jembatan Dusun Torosubang menuju ke jembatan besar satunya sebaga titik upcara menggunakan armada laut seperti ketinting maupun armada laut lainnya yang akan kita sesuaikan saat upacara nanti,” pungkasnya. (Adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.