Pemprov Maluku Umumkan Pasien Covid-19 Pertama di Ambon

oleh -422 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon: Satuan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Pemerintah Provinsi Maluku resmi mengumumkan kasus positif corona virus disease (covid-19) pertama di Ambon.

Pengumuman kasus positif covid-19 pertama ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang, menyusul hasil uji laboratorium terhadap spesimen warga Bekasi dan salah satu WNA asal Jepang dikantongi Satgas Provinsi Maluku, Ahad (22/3/2020) petang di Sekretariat Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku di kantor Gubernur Maluku, Ambon.

Kasrul Selang bilang, dari tiga sampel yang sudah dikirimkan itu, baru dua yang sudah ada hasilnya. Dimana yang satu terkonfirmasi positif terpapar virus corona sedangkan satunya lagi hasilnya negatif atau tidak terpapar.

Baca Juga  Pemkab Haltim Lelang Puluhan Unit Kendaraan Dinas

“Breaking news hari salah satu pasien dalam pengawasan yang spesimennya kita kirim ke Labkes Kementerian Kesehatan sudah ada hasilnya dan terkonfirmasi positif (terpapar virus corona). Jadi sampai hari ini kita kan ada dua yang sudah ada hasil (uji lab terhadap spesimen), satunya terkonfirmasi positif (terpapar corona) dan satunya negatif (tidak terpapar). Jadi kita sudah satu yang positif sampai hari ini,”ungkapnya.

“Karena kita sudah ada satu kasus, maka kita namakan ini kasus 01. “Jadi kita sudah ada satu kasus,”sambung Kasrul.

Dimintai agar perjelas apakah yang dinyatakan positif terpapar covid-19 itu apakah pasien asal Bekasi ataukah WNA asal Jepang karena hal ini berkaitan dengan proses tracking, Sekda Maluku itu enggan mau membukanya.

Baca Juga  Kapolres Buru Mengikuti Kegiatan Kunjungan Pangdam XVI Pattimura

“Pokoknya positif satu. Nanti hasil tracking akan kita umumkan. Kita tidak sebutkan hotel mana, kita melakukan tracking misalnya mobil mana yang dia naik, keluarganya ada dimana, kita akan wawancara, pokoknya kita akan jalankan protap,”ujarnya.

Namun, merujuk dari pernyataan Walikota Ambon, pasien yang dinyatakan positif itu merupakan pasien asal Bekasi.

Dengan adanya satu pasien yang dinyatakan positif corona, Sekda mengaku sejak hari ini sudah dilakukan tracking atau pelacakan terhadap jejak pasien yang dinyatakan positif tersebut.

Meski begitu, mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku itu memastikan jika kondisi kesehatan pasien yang dinyatakan positif corona itu saat ini sudah dalam keadaan sangat baik. “Sangat baik sekarang kondisinya, tapi hasil (spesimen)nya menunjukkan terkonfirmasi positif,”sambungnya.

Baca Juga  Baku Tembak Aparat dengan MIT Kembali Terjadi, 1 Anggota Brimob Gugur

Ditanyai ada informasi yang menyebutlan jika pasien yang dinyatakan positif itu sudah dipulangkan dari RSUD. dr. Haulussy Ambon, Kasrul membantahnya. “Tidak ada yang dipulangkan, masih ada di ruang isolasi,”tandasnya. (keket)

View this post on Instagram

Konferensi Pers Pasien Pertama COVID-19 di Maluku

A post shared by Dino Umahuk (@valdinho74) on