Politeknik Negeri Ambon Telorkan 402 Wisudawan

oleh -191 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 402 lulusan Politeknik Negeri Ambon (Polnam) telah mengikuti prosesi wisuda yang di gelar pada Gedung Sport-Hall Ambon, pada Kamis (31/10/2019).

Kegiatan tersebut berlangsung di sidang terbuka dalam rangka wisuda XIII Program D-3 dan Sarjana Terapan Tahun 2019 yang dipimpin oleh Direktur Politeknik Negeri Ambon, Dady Mairuhu, ST., MM.

Dalam laporan Ketua Panitia, Dady Mairuhu selaku Direktur Politeknik Negeri Ambon menjelaskan pelaksanaan wisuda ke-13 untuk tahun 2019 ini merupakan wisuda pertama pada tahun kedua masa kepemimpinan saya selaku direktur Polnam dan sekaligus merupakan wisuda perdana bagi jenjang D4 atau sarjana Terapan dengan jumlah wisudawan sebanyak 402 mahasiswa yang terdiri dari Prodi tiga teknik sipil 56 mahasiswa, Prodi teknik mesin 72 mahasiswa, Prodi D3 Akutansi 190 mahasiswa, Prodi D4 administrasi bisnis Terapan 13 mahasiswa, Prodi D4 manajemen proyek kontruksi 8 mahasiswa, Prodi D4 teknik informatika 16 mahasiswa, Prodi D4 teknik informatika 14 mahasiswa, Prodi D4 Akutansi sektor publik 10 mahasiswa, Prodi D-4 manajemen sumber daya perairan 11 mahasiswa, Prodi D4 budidaya perairan 12 mahasiswa.

“Selama proses belajar mengajar para wisudawan/i telah baik dibekali pengetahuan dan keterampilan yang berdaya saing, ditandai dengan sejumlah kemampuan yang tinggi baik hardskill dan softskill serta pengetahuan di bidang spiritual, emosional maupun kreativitas di mana kurikulum mengintegrasikan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik sehingga kami yakin bahwa para wisudawan dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan dan mmpung berkompetisi secara sehat dan Sportif, dengan kecerdasan pengetahuan wisudawan memiliki kemampuan tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi juga menjadi pencipta kerja,” jelas Mairuhu.

Baca Juga  Tuntaskan masalah datun, BPN-Kejari Tikep teken MoU

Mairuhu juga mengatakan kegiatan secara nasional pun diupayakan dilakukan di Polnam berupa seminar nasional, sosialisasi dari kementerian bahkan di tahun 2018 Polnam ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan business administration contes yang diikuti 23 Politeknik negeri se Indonesia dan di tahun 2020 Polnam juga ditunjuk untuk menyelenggarakan seminar nasional Akutansi fokal (SNAV) serta Olimpiade Akutansi vokasi (OAV).

“Seperti yang saya sampaikan di atas seperti yang saya sampaikan di atas bawa wisuda ke-13 ini merupakan tahun kedua saya memimpin Politeknik Negeri Ambon, terdapat keberhasilan keberhasilan yang telah kita raih bersama seluruh Civitas Akademika Polnam dan tentu saja dukungan dari semua pihak terutama pemerintah provinsi maupun kota dan kementerian serta para orang tua wali yang telah mempercayakan potongan untuk mendidik anak anak di berbagai disiplin ilmu,” Kata Mairuhu.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail yang dibacakan oleh Karo Hukum Setda Maluku Hendrik Far-far SH. M.Hum meminta agar Kehadiran Politeknik Negeri Ambon sebagai Inspirasi pendidikan di Maluku harus mampu menjawab kebutuhan SDM di Maluku.

Baca Juga  Polda Sulut Imbau Warga Waspada Perampokan Modus Penyemprotan Virus Corona

“Untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi di dunia kerja, perlu adanya rencana strategis penyelenggaraan pendidikan yanh sepadan dengan kebutuhan, oleh krena itu pengelola pendidikan harus memastikan sistim pendidikan di Poltek harus tepat dan benar,” katanya.

Menurutnya peran Poltek Negeri Ambon sangatlah penting menjelang pengoperasian migas Blok Masela, yang tentunya memerlukan kualitas teknis di bidang ini .

Dengan demikian pelaksanaan Rapat Senat Luar biasa dalam rangka Wisuda XII dan Dies Natalis, merupakan bukti nyata bahwa kedepan Politeknik Negeri Ambon berbenah diri dan berupaya menghasilkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. (ebot)