Ribuan Warga Ternate Deklarasikan Dukungan Sultan Baabullah Sebagai Pahlawan Nasional

oleh -362 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Ribuan warga Kota Ternate bersama Walikota Ternate, Hi Burhan Abdurrahman dan sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) mendeklarasikan dukungan untuk mengusulkan Sultan Baabullah Ternate sebagai Pahlawan Nasional.

Deklarasi dukungan ini ditandai dengan pembubuhan tandatangan yang berlangsung didepan lapangan ngara lamo Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, Ahad (28/6/2020).

Usai melakukan penandatangan dukungan, Walikota Ternate Hi Burhan Abdurahman kepada sejumlah wartawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan masyarakat sedang mengusulkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional. Olehnya itu, dalam waktu singkat ini akan dilakukan pengkajian draf pengsulan Sultan Babullah Ternate oleh tim ditingkat pusat.

“Hari ini, kita menggalang dukungan secara moril seluruh warga Kota Ternate. bahkan yang tergabung dalam KNPI Kota Ternate dan OKP Cipayung, untuk bagimana didorongan kepada tim lewat penandatanganan dukungan agar Sultan Baabullah Ternate pemerintah pusat tetapkan sebagai pahlawan nasional,” kata Walikota.

Link Banner

Dijelaskan Wali Kota, Dorongan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional karena ada banyak sejumlah referensi yang menjadi sayarat mutlak.

Baca Juga  Viral Janda Cantik Cari Jodoh, Syaratnya Tidak Sulit

“Semua itu sudah di sampaikan baik dari pihaknya ke pihak Pemprov Malut, maupun tim TP2GD yang didalam tergabung sejumlah pakar-pakar sejarah.Untuk itu, Dalam waktu singkat ini dewan gelar pahlawan nasional akan melakukan sidang penetapan,”Ungkap Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Ternate Burhanuddin Abdul Kadir juga mengatakan, agenda ini adalah spotanitas dari masyarakat Kota Ternate terkait dengan mendorong Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional

“Kami berharap agar pemerintah Pusat bisa merespon dengan dukungan ini atas aspirasi dari masyarakat yang menginginkan lahirnya pahlawan nasional dari kota Ternate Maluku Utara,” ujarnya. (Red)