“SaTu MANIPA” Sensasi Berbeda yang Bikin Ketagihan

oleh -116 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sagu Tumbu merupakan salah satu penganan khas tradisional yang cukup dikenal masyarakat Maluku yang diolah secara turun temurun oleh masyarakat, terutama di negeri-negeri yang memiliki tanaman sagu.

Sama halnya dengan Sagu Tumbu lainnya SaTu Manipa adalah penganan tradisional berbahan dasar sagu yang diolah masyarakat Negeri Tumalehu Barat, Kecamatan Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan kini diproduksi BUMdes Kapitan Yongkor Negeri Tumalehu Barat sehingga bernilai ekonomis.

Awalnya, sagu tumbu yang diproduksi oleh ibu-ibu di Negeri Tumalehu Barat tersebut merupakan kuliner biasa seperti halnya masyarakat Maluku pada umumnya yang hanya dibuat dan dinikmati saat santai dengan segelas kopi atau teh maupun sebagai oleh-oleh bagi keluarga atau tamu yang berkunjung.

Berkat tangan dinginnya, kelompok usaha binaan Yusnita Tiakoly dalam memproduksi SaTu Manipa khas Negeri Tumalehu Barat-Manipa ini mulai mendapat tempat di hati penikmat SaTu yang pernah merasakan sensasi berbedanya. Bahkan SaTu mulai dipesan penikmatnya yang berada di luar Maluku.

Link Banner

Sagu tumbu diminati banyak orang sebagai sebuah panganan khas maupun oleh-oleh bagi para wisatawan jika berkunjung ke desa-desa di Maluku yang miliki tanaman sagu. Meski sagu tumbu banyak di produksi di seluruh daerah di Maluku, namun SaTu Manipa memiliki cita rasa tersendiri tekstur lembut dan rasa yang tentu tak ingin anda lewatkan.

Baca Juga  Terbengkalai di Lepas Pantai Yaman,Tanker ini Jadi Bom Apung

Ayu yang baru pernah merasakan SaTu Manipa mengungkapkan, “Waktu dibawa suami sebagai oleh-oleh, Sagu Tumbu (SATU) Manipa, rasanya sangat enak. Kacang kenarinya sangat terasa dan waktu dimakan sangat lembut dilidah dan sangat cocok dimakan saat santai dengan keluarga “.

Penikmat lainnya adalah Ibu Ipa, ” Saya sudah pernah rasa sagu tumbu dan saat cicipi SaTu Manipa, rasanya sungguh lain dari Sagu Tumbu biasa. Sangat lembut dan bahkan makan 1 tidak cukup. Saya tambah makan 4 lagi. Tapi sampai sekarang masih ingin rasakan lagi. SaTu Manipa memang beda rasa dari sagu tumbu lainnya “.

Selain satu manipa. kue Berbahan dasar sagu maupun buah kenari menjadi andalan bumdes kapitan yongkor yang menjadi binaan Yusnita Tiakoly selalu mendorong agar potensi alam yang ada dapat di kembangkan lagi.

Baca Juga  Sidang Isbat Digelar 21 Juli: Ini Lokasi Rukyatul Hilal Awal Zulhijjah di Maluku- Malut

Produk khas Negeri Tumalehu Barat, Kecamatan Kepulauan Manipa, “Kue Kenari” masuk nominasi dalam pameran pemabangunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dalam rangka merayakan Hari Ulang tahun Kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa ke 16 yang digelar di Gedung Hatutelu, Desa Piru.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pembinaan dan Promosi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten SBB, Febry Waliulu saat Ekspresi Maluku menyambangi Stand Pameran Disperindag SBB, Selasa (14/1/2020).

Dirinya menyampaikan produk yang dipamerkan kepada masyarakat diajang Hut SBB ke – 16 dari berbagai kecamatan dan desa yang merupakan binaan IKM dari Dinas Deperindag.

Dari Kecamatan Seram Barat, jenis produknya adalah Kue Bagea untuk Kecamatan Kairatu Keripik Singkong dan Kepulauan Manipa, terdapat tart Buah Pala dan Sagu Tumbu, untuk Kue Kenari berasal dari Desa Tumalehu Barat, serta menjadi produk yang diminati pengunjung.

” Untuk Sagu Tumbu Manipa “SaTu” habis terjual juga Kue Kenari sebagai produk dari Bumdes Kapitan Yongkor Negeri Tumalehu Barat saat ini tinggal tersisa beberapa kemasan, karena dari produk Negeri Tumalehu Barat dapat dikatakan kue kenari ini diminati pengunjung,” Ungkap Febry

Baca Juga  Patuhi Aturan, PM Belanda Tak Bisa Lihat Ibu Sebelum Wafat

Sementara itu salah satu pengunjung yang mampir ke lokasi pameran mengungkapkan bahwa dirinya datang mencari “SaTu Manipa” Sagu Tumbu Khas Bumdes Negeri Tumalehu Barat Namun sudah tidak tersedia lagi .

“Yah Padahal kami ingin membeli Sagu Tumbu khas Tumalehu Barat – Manipa, tapi karena sudah tidak habis stoknya mungkin kami akan pesan langsung,”Ujar Azis salah satu peminat ‘SaTu’yang sudah pernah merasakan sensasi buah tangan Bumdes Kapitan Yongkor itu.

Selain itu Kepala Seksi Pembinaan dan Promosi juga berharap kepada seluruh pengusaha – pengusaha binaan dari IKM Dinas Disperindag agar dapat partisipasi.

“Kami berharap seluruh pengusaha di SBB, agar bisa berpartisipasi dengan kami Deperindag agar kita membantu membina mereka serta melegalkan produk mereka baik dalam segi kemasan maupun yang lain”, pinta Waliulu. (keket)

Bagi anda yang ingin mendapatkan dan merasakan kenikmatan Sagu Tumbu Manipa (SATU Manipa), anda dapat memesan melalui WA :

  1. Ros 085244302303
  2. Desi 081379179002