Sekda Kepulauan Sula Buka Kegiatan TMMD Ke-110, Dua Desa ini Jadi Prioritas

oleh -11 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Kodim 1510/Sanana menggelar pembukaan kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 110 tahu 2021 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Desa”yang berlangsung di gedung balai Desa Waiboga Kecamatan Sulabesi Tengah Kabupaten Kepulauan Sula Provisi Maluku Utara, Selasa (2/3/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 1510/Sanana, Letkol Inf Tri Yudianto, Kapolres Kepsul AKBP Herry Purwanto, Sekda Kepsul Safrudin Sapsuha, para perwakilan unsur Forkopimda, Kadis PU-PR Kepsul Nursaleh Bainuru, Kades Waiboga Hasanudin Tidore, dan masyarakat Desa Waiboga serta Personil TNI di lingkup Kodim 1510/Sanana.

Bupati Kepsul Hendrata Thes dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Safrudin Sapsuha menyampaikan, operasi bakti TNI yang dilaksanakan pada saat ini merupakan TMMD yang ke 110 di wilayalah Kepualauan Sula dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

“Kegitan TMMD yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyrakat, hal ini sejalan dengan upaya kita dalam percepatan dan pemerataan. Di samping itu, program TMMD ini juga merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah baik itu pusat maupun daerah,” jelasnya dalam sambutan.

Link Banner

Sekda berharap, masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD ini, dapat berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD, agar tujuan dan sasarannya yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat.

Baca Juga  Polres Ambon Roliing Sejumlah Pejabat

“Saya berharap apa yang dihasilkan dalam program TMMD ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kepentingan kita bersama. Kepada saudara badan dinas/instansi yang memiliki keterikatan program dengan TMMD ini saya harap untuk dapat melaksanakan kegitan ini secara sinergis, terpadu sehingga akhir dari kegitan ini nantinya dapat benar-benar maksimal dalam rangka kita mewujudkan kesejatraan masyarakat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1510/Sanana, Letkol Inf Tri Yudianto, saat ditemui awak media menuturkan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan program TMMD reguler  ke 110 yang sudah dicanangkan oleh pusat bekerja sama dengan pemda dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

“Titik berat TMMD ini untuk penanggulangan bencana banjir dan juga permaslahan air bersih yakni kita membuat talud sepanjang 250 Meter di Desa Waiboga Kecamatan Sulabesi Tengah, dan pembuatan bak air bersih 1 ukuran panjang 4 m lebar 4 tinggi 2,5 m, bak air bersih 2 ukuran panjang 4 m lebar 4 m tinggi 2,5 dan pembuatan satu unit MCK ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m tinggi 2 m, di Desa Sama Kecamatan Sulabesi Timur,” ungkapnya.

Baca Juga  Terlaris Pekan Ini, Film The Little Things Hasilkan Rp 105 Miliar

Menurut Dandim, selama ini, TNI bekerja sama dan berkolaborasi dengan pemda Kepulauan Sula dalam rangka untuk askselarasi pembangunan dan 100 % didukung oleh pemda terutama dalam pembiayaan.

“Dari anggaran pemda ada dua sasaran yakni fisik sama non fisik kedua sasaran ini dari pemda sendiri sudah menyiapkan dana sebesar Rp.1 milyar, bagi kami itu sudah memenuhi pelaksanaan TMMD ke 110 ini,” tukasnya.

Dandim menambahkan, personil yang sudah disiapkan sebanyak 150 orang untuk dua sasaran tersebut yakni Desa Waiboga dan Desa Sama. Personil akan dipecah sesuai dengan skala prioritas  tenaga yang dibutuhkan.

“Untuk desa Sama kami siapkan 40 orang karena sasarannya tidak terlalu berat, sasaran yang berat itu pembuatan talud di Desa Waiboga, jadi kami sediakan sebanyak 110 orang. Semoga dengan progam ini dapat bermanfaat kepada masarakat di dua Desa tersebut,” tutupnya. (red)