Selamatkan Pulau Pagama, Bagian Humas Setda Kepulauan Sula dan Insan Pers Tanam 150 Bibit Mangrove

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, menggandeng para wartawan guna melakukan aksi penyelamatan Pulau Pagama dengan menanam 150 bibit mangrove di pulau yang hampir hilang terkena abrasi itu, Ahad (7/3/2021).

Pulau Pagama adalah sebuah pulau kecil seukuran dua lapangan basket yang terletak di antara Pulau Lifmatola dan Pulau Mangoli, di wilayah Kecamatan Mangolia Utara Timur.

Ratusan anak pohon mangrove tersebut di sumbangkan oleh masyarakat Desa Kabau yang diambil di seputaran Telaga Kabau Kecamatan Sulabesi Barat.

Kabag Humas Kepsul, Basiludin Labesi menyampaikan, kerja sama antara insan pers dengan Bagian Humas ini sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman hilangnya Pulau Pagama karena abrasi pantai.

Link Banner

“Berangkat dari keterpanggilan moril untuk menyelamatkan Pulau Pagama, sehingga kami berinisiatif untuk ambil anakan pohon mangrove di Desa Kabau untuk ditanam di Pulau Pagama,” jelas Labesi.

Baca Juga  Peduli Sesama, Anggota Brimob Namlea Gelar Kegiatan Berbagi

Basaludin juga menyampaikan terimakasih kepada warga Desa Kabau atas kerja samanya untuk menyelamatkan pulau bersejarah tersebut.

“Kami juga menyampaikan banyak terimakasih kepada warga masyarakat Desa Kabau Pantai maupun Desa Kabau Darat yang ikhlas memberikan bibit mangrove demi upaya penyelamatan Pulau Pagama,” imbuhnya.

Samsur Hasan Sillia, salah satu wartawan media online yang bertugas di Sanana menambahkan, ancaman hilangnya Pulau Pagama adalah masalah bersama, oleh karena itu, penanaman pohon mangrove ini adalah bentuk tanggung jawab moril sebagai anak negeri.

“Ini masalah bersama, mungkin satu tindakan nyata lebih bermanfaat daripada seribu tulisan. Kita harus berbuat,” tukasnya.

Sejumlah masyarakat Desa Waisum juga turut membantu dalam aksi penanaman mangrove di pulau mungil dan indah itu. (red)