Sering Merasa Overthinking? Hilangkan Kebiasaan Ini dengan Cara Mudah!

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com| Ambon: Semua orang pernah merasakan overthinking dari waktu ke waktu. Terkadang bermanfaat untuk memikirkan segala hal dengan melihat situasi dari berbagai sudut dan menimbang opsi, sehingga dapat bergerak maju dengan percaya diri. Namun jika terlalu sering akan terjebak masa lalu dan menebak-nebak setiap keputusan.

Khawatir memang normal dialami, namun cobalah untuk menyelesaikan rasa itu. Jika tidak maka rasa khawatir akan semakin besar dan menakutkan. Ikuti cara mudah berikut ini agar menghilangkan kebiasaan overthinking sehingga lebih bahagia.

Berhenti sebentar

Langkah pertama dalam mengatasi kebiasaan ini, kenali kapan hal itu terjadi.
Freepik.com

Kuncinya adalah memerhatikan ketika sudah mulai overthinking. Langkah pertama dalam mengatasi kebiasaan ini, kenali kapan hal itu terjadi. Saat mulai merasa cemas atau ragu, perhatikan cara menanggapinya.

Baca Juga  Masa Tenang, Akademisi: Kandidat dan Timnya Harus Patuhi Aturan

Lakukan hal berbeda

Coba kenali dan lakukan sesuatu untuk mengatasinya
Freepik.com

Biarkan diri sendiri merasakan perasaan saat overthinking. Tetapi coba kenali dan lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Atau bisa mengalihkan perhatian ke kegiatan lain, mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, menonton Netflix, memasak, hingga berjalan kaki.

Link Banner

Tantang ketakutan akan kegagalan

Pertimbangkan bahwa ketakutan akan kegagalan mungkin menghalangi diri dari kesuksesan.
Freepik.com

Jika mendapatkan diri terlalu memikirkan keputusan atau mengkhawatirkan masa depan, pertimbangkan bahwa ketakutan akan kegagalan mungkin menghalangi diri dari kesuksesan. Saatnya untuk mengingatkan kalau semua kesempatan mempunyai dua kemungkinan, yaitu gagal dan berhasil. Bisa jadi kamu termasuk orang yang beruntung.

Pikirkan kemungkinan yang terjadi

Overthinking punya lebih banyak kekurangan daripada kelebihan.
Freepik.com

Terlalu banyak berpikir cenderung negatif dan merugikan diri sendiri. Daripada merenungkan semua kemungkinan, pertimbangkan kemungkinan yang terjadi. Selain itu, overthinking punya lebih banyak kekurangan daripada kelebihan.

Baca Juga  BNPB Gali Sejarah Tsunami 80 Meter yang Melanda Ambon Tahun 1674

Menempatkan segala sesuatu dalam perspektif

Coba menempatkan segala sesuatu dalam perspektif.
Freepik.com

Sangat mudah untuk membuat segala sesuatunya lebih besar dan lebih negatif dari yang dibutuhkan. Terutama overthinking yang membangun skenario buruk dan penuh kekhawatiran. Tetapi jika meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan situasi dan tempat. Coba menempatkan segala sesuatu dalam perspektif. Jadi segala sesuatu tidak ada yang salah atau benar.

Berlatih bersyukur

Membantu pikiran menjadi lebih positif.
Freepik.com

Mustahil untuk memiliki pikiran bersyukur dan penyesalan pada waktu bersamaan. Maka dari itu, penting meluangkan waktu untuk mempraktikan rasa syukur setiap hari. Hal ini akan membantu pikiran menjadi lebih positif. Catat apa saja hal yang harus disyukuri sehingga dapat mengingat kembali semua hal baik di sekitar kamu.

Baca Juga  Dompet Dhuafa Dirikan Dapur Umum dan Taman Ceria untuk Pengungsi Gempa Ambon

Ulang

Ingatlah bahwa hidup ini singkat.
Freepik.com

Karena kebiasaan overthinking akan kembali lagi dan tidak bisa mencegahnya. Kecenderungan untuk overthinking mungkin tidak pernah hilang, tetapi masih bisa dikendalikan, Ingatlah bahwa hidup ini singkat.

(red/beautynesia)