Supaya Lebih Bahagia, Ini Pentingnya Memiliki Body Positivity dalam Hidup

oleh -25 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sudah kurus mau gemuk, sudah gemuk ingin langsing, dan berusaha melakukan diet juga berbagai langkah untuk mencapai body goals. Kita seolah tidak mencintai dan menerima dengan baik tubuh yang kita miliki apa adanya. Tidak percaya diri dengan apa yang kita miliki bukankah sikap tersebut tidak membuat kita hidup bahagia?

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan pembahasan mengenai body positivity. Berawal dari unggahan Instagram pribadi milik artis cantik Marshanda, ia mengampanyekan tentang body positivity bertajuk “My Body is Perfect and I Love it“.

Dalam unggahannya, ia pun memaparkan bahwa ia ingin sekali mengedit foto-fotonya tersebut. Tapi sesuai dengan ajakannya mengenai body positivity, maka ia pun menampilkan tubuhnya yang kini lebih berisi sebagai ungkapan ajakan dari kampanye tersebut, bahwa kita harus mencintai tubuh kita apa adanya.

Body Positivity
My Body is Perfect and I Love it/Instagram/marshanda99

“Haruskah kita jadi orang nomor satu yang ngejudge diri sendiri jelek? Segitu kejamnya kah kita harus bersikap sama diri sendiri? Why don’t we be bestfriends with ourself instead?” paparnya.

Beauties memang penting bagi kita memiliki body positivity agar hidup bahagia. Kira-kira kenapa kita perlu memiliki body positivity dalam hidup ya?

Baca Juga  Patroli Skala Besar Operasi Aman Nusa II, Polda Maluku Utara Sasar Area Pusat Kerumunan

Pentingnya Memiliki Body Positivity dalam Hidup

Awal mula berkembangnya kampanye body positivity pada tahun 1960-an di Amerika Serikat yang bertujuan agar para perempuan menerima dan mencintai tubuh serta fisik mereka dan lebih percaya diri dengan stereotip obesitas.

Sebelumnya, Tara Basro pun pernah mengungkapkan tentang body positivity melalui unggahannya yang menampilkan tubuhnya saat itu. Dilansir dari detikHealth Psikolog Klinis Personal Growth, Veronica Adesla memaparkan, bahwa body positivity adalah semua hal yang berkaitan dengan penerimaan diri mengenai bentuk tubuh maupun hal lain yang terdapat pada tubuh kita.

Selain agar bahagia, berikut pentingnya kita memiliki body positivity dalam hidup. Simak yu, Beauties!

Mencintai Diri Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Mencintai Diri Sendiri Merupakan Bentuk Body Positivity/Pexels/Polena Kovaleva

Penerimaan mengenai apa adanya diri kita tentunya merupakan bentuk rasa mencintai diri sendiri. Mengikuti tren atau terjebak pada tuntutan mengenai tubuh kita bukanlah langkah mencintai diri sendiri melainkan memperbaiki diri sendiri. Sementara body positivity merupakan penerimaan sepenuhnya tanpa merubah apapun yang ada pada tubuh kita, karena rasa percaya diri dan cinta terhadap apa yang dimiliki.

Baca Juga  Jelang HUT OPM, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Sebarkan Ajakan Demonstrasi

Kita pun tidak lagi terpengaruh dengan standar kecantikan atau tren yang dihadapkan. Tubuh kita adalah milik kita dan tidak ada satu orang pun yang berhak memengaruhi kita untuk merubahnya atau merasa malu dengan apa adanya kita.

Menentang Standar Kecantikan di Dunia Maya

Menentang Standar Kecantikan
Menentang Standar Kecantikan Dunia Maya/Pexels/RODNAE Production

Saat ini media sosial menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kita dalam berbagai hal, termasuk standar kecantikan. Tuntutan tersebut lah yang menimbulkan rasa tidak percaya diri. Hal tersebut tentunya harus kita buang jauh-jauh dalam kehidupan kita, maka penting bagi kita memiliki body positivity. Yakinlah jika kita percaya diri, semua orang pun akan merasakan bagaimana kita mencintai diri sendiri dengan sepenuhnya. Sehingga, mereka pun bisa menerima apa adanya kita.

Baca Juga  Produk Fesyen yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi

Kesehatan Mental

Body Positivity dan Kesehatan Mental
Body Positivity Meningkatkan Kesehatan Mental/Pexels/SHVETS Production

Secara psikologis, jika kita memiliki pikiran yang buruk mengenai sesuatu tentunya akan berdampak pada kesehatan mental. Lain halnya jika kita memiliki body positivity dalam hidup, kesehatan mental kita akan tetap terjaga sehingga tercapai kesehatan fisik juga.

Nah, maka dari itu kita perlu menanamkan body positivity yang mencintai apa adanya kita dan selalu percaya diri di mana pun dan kapan pun. Semangat selalu ya!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.