101 Santri/Santriwati PPS Tingkat Wustha di Maluku Akan Ikuti UNBK Tahun 2020

oleh -135 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tercatat sebanyak 101 santri – santriwati lembaga Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PK-PPS) tingkat Wustha (MTs sederajat) di Maluku akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020. Mereka berasal dari 7 Pondok Pesantren di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, La Fatah di ruang kerjanya, Selasa (25/2).

Disebutkannya, 101 peserta UNBK itu terdiri dari 4 orang santri/santriwati PPS Ittaqollah Kebun Cengkeh Ambon, 11 santri/santriwati PPS Ishaka Dusun Ahuru Ambon, 32 santri/santriwati PPS Suffah Hi Bullah Dusun Oli Baru Desa Hitu Malteng, 11 santri/santriwati PPS DQ. Al Anwariyah Desa Tulehu Malteng, 9 santri/santriwati PPS Nadil Ulum Dusun Ory Desa Pelau Malteng, 12 santri/santriwati PPS Tahfidhul Qur’an Desa Lintas Seram Utara Malteng, dan 22 orang santri/santriwati PPS Khairu Ummah Desa Lintas Seram Malteng.

Baca Juga  Pilkada Dan Fenomena "Siap Menang" Tetapi "Tidak Siap Kalah"

“UNBK ponpes di Maluku tahun ini sementara hanya diberlakukan terhadap santri Salafiyah tingkat Wustha karena perangkat pendukung sudah cukup mendukung,” terang mantan Kepala Kemenag Kabupaten SBB itu.

Selebihnya menurut La Fatah, terdapat salah satu ponpes peserta UNBK dalam pelaksanaan akan menumpang di lembaga pendidikan madrasah negeri di Maluku. Seperti PPS DQ. Al Anwariah yang menempati lokasi ujian di MTs Negeri 1 Malteng.

Lebih lanjut La Fatah menguraikan, jadwal pelaksanaan ujian yang dirilis Bidang Pakis Kanwil Kemenag Maluku diawali dengan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) oleh PPS Salafiyah tingkat Wustha, yakni 23-28 Maret 2020 mendatang.

“Ada 13 mata pelajaran yang diuji, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Al-Qur’an, Akhlaq, Hadits, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI),” beber La Fatah. 

Sedangkan untuk PPS Salafiyah tingkat Ula, pelaksanaan US mulai dilaksanakan pada 13-18 April 2020 mendatang dengan jumlah dan mata pelajaran yang sama.

Baca Juga  Bupati Haltim Resmi Menutup Kegiatan TMMD Ke 108 Kodim 1505/Tidore

Selanjutnya, proses pelaksanaan UNBK di tingkat Wustha sendiri baru akan diselenggarakan selama 3 hari pada bulan Mei 2020 mendatang. Materi yang akan diuji yaitu, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarnageraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Inggris.

“Jadwalnya terhitung sejak tanggal 2 sampai 4 Mei  2020,” ungkapnya.

Jelang pelaksanaan ujian, baik UNBK maupun US, La Fatah mengatakan, pihaknya mulai mengadakan rapat persiapan teknis Bidang Pakis Kanwil Kemenag Maluku dengan melibatkan para pimpinan Ponpes Salafiyah Ula dan Wustha.

“Kita akan melaksanakan rapat persiapan hari ini guna membahas kesiapan pelaksanaan ujian US dan UNBK, serta kita juga akan membahas persiapan penyaluran dana BOS dan Program Indonesia Pintar (PIP) ke masing-masing pondok pesantren,” tuturnya. (keket/inmas)