2 Oknum PNS Ditangkap, BNN Maluku Bongkar Peredaran Narkoba dari Lapas Ambon

oleh -320 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku bersama Lanud Pattimura Ambon, berhasil menangkap seorang warga berinisial (VN) yang diduga sebagai kurir jaringan narkoba antar provinsi di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Senin (5/4/2021).

Selain VN, Kemenkumham dan BNN Maluku juga menangkap satu bandar narkoba, dua tersangka kurir dan dua oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rutan dan Lapas Ambon yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba. Mereka yang ditangkap yakni, VN (23), EP (40), IR (30) RB, dan MC (35).

Kepala BNN Maluku, Brigjen Pol MZ Muttaqien, keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Porostimur.com, Selasa (6/4/2021), mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat dan informasi Kepala Kanwil Kumham Maluku, Andi Nurka untuk melakukan bersih-bersih Rutan dan Lapas tentang peredaran narkoba, pihaknya kemudian bekerjasama dengan Danlanud  Pattimura Ambon, Avsec, dan Kapolresta Ambon, menyikapi perbuatan tindak pidana tersebut.

Baca Juga  Jika Menang Pikwako Ternate, MHB-GAS akan Terapkan E-Kelurahan

“Ada laporan masyarakat akan terjadi penyeludupan narkoba. Makanya pada Senin kemarin, sekitar pukul 08.15 WIT, bertempat di Bandar Udara International Pattimura Ambon, kami berhasil menangkap salah satu terduga kurir jaringan narkoba antar provinsi dengan inisial  VN,” ungkap Muttaqiem.

Setelah dilakukan pengembangan, ungkap dia, Tim BNN Provinsi Maluku kemudian menangkap kurir yang lain (EP), di Jalan Poka, Teluk Ambon. Peredaran ini juga melibatkan salah seorang narapidana di Rutan Ambon.

“Atas perintah Kepala Kanwil Kumham Provinsi Maluku untuk melakukan penggeledahan Rutan dan Lapas, BNN dibantu Polresta Ambon, kemudian menangkap salah satu narapidana (RB) yang diduga mengendalikan dua kurir narkoba antar provinsi yang tertangkap di Bandara Pattimura,” ungkapnya.

Baca Juga  Polres Kepsul Didesak Tindakan Judi Sabung Ayam di Mangoli Utara

Dia mengungkap, Tim Gabungan Kanwil dan BNN Maluku juga berhasil menangkap dua oknum PNS (IR dan RA) yang diduga ikut membantu jaringan narkoba tersebut.

“Setelah kami interogasi, Tim Gabungan Kanwil Kumham dan BNN memperolah informasi, tahanan Rutan Ambon (RB) adalah orang yang mengendalikan dua kurir narkoba. Kami juga menangkap dua oknum PNS yang diduga ikut membantu,” katanya.

Menurutnya penangkapan yang dilakukan di Lapas dan Rutan Ambon, dipimpin langsung oleh Kepala Kemenkumham Provinsi Maluku.

Atas tindakan tersebut, para terduga akan disanksikan dengan Undang-undang Narkoba dan Undang-undang Pencucian Uang, dengan ancaman penjara seumur hidup. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.