Ambon Tetap Semarak, Warga Gelar Pesta Kembang Api Sambut Tahun Baru 2020

oleh -152 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun kota Ambon selalu punya cerita luar biasa saat menyambut datangnya tahun baru. Kendati masih diselimuti duka dan kekhawatiran terhadap adanya gempa bumi, warga Kota Ambon tetap antusias menyambut Tahun 2020.

Pesta kembang api, tiupan terompet serta dentuman petasan silih berganti menyemarakkan perayaan Tahun Baru 2020 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku, Rabu dini hari (01/01/2020).

Pantauan porostimur.com tepat pukul 00.00 WIT, pancaran kembang api dari berbagai penjuru secara silih berganti menghiasi dan mewarnai langit di wilayah ibu kota provinsi Maluku, dengan diselingi desingan dan dentuman keras petasan yang dibakar warga untuk mengungkapkan kegembiraan dan sukacita akan datangnya tahun baru.

Baca Juga  Kapolda Maluku Hadiri Syukuran Peresmian Kantor Bhayangkari

Pergantian tahun juga diwarnai peluit kapal-kapal yang sedang “lego jangkar” di kawasan Teluk Dalam Ambon maupun dentangan lonceng gereja serta tabuhan beduk masjid.

Ribuan warga tumpah ruah memenuhi sejumlah kawasan yang ditetapkan sebagai titik perayaan malam pergantian tahun serta bersama-sama meniup terompet dan menembakkan kembang api ke angkasa tepat pukul 00.00 WIT.

View this post on Instagram

Malam Tahun Baru 2020 Lapangan Merdeka Ambon

A post shared by Dino Umahuk (@valdinho74) on

Pemerintah Kota Ambon menyiapkan lima lokasi untuk perayaan Tahun Baru 2020, yakni di Desa Seri, Tapal Kuda, Huge Leimena Desa Poka, ACC Passo dan penggung utama di Lapangan Merdeka.

Baca Juga  Gempa Bumi 5.1 Magnitudo Guncang Timur Laut Labuha Maluku Utara

Panggung-panggung terse but dimeriahkan sejumlah artis dan penyanyi Maluku.

Di panggung utama Lapangan Merdeka, nampak hadir Wali Kota Ambon, Richard Lohuhenapessy, Kapolda Maluku, Mayjen Irjen Pol Royke Lumowa dan pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufik, Dan Lanud Pattimur, Danlantamal dan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Khusus di Lapangan Merdeka, Wali Kota Ambon bersama Kapolda, Pangdam, Gubernur dan tamu undangan menghitung mundur waktu bersama-sama dengan ribuan warga untuk menandai pergantian tahun.

Warga juga memanfaatkan kemeriahan pesta kembang api untuk berswafoto dengan latar belakang warna-warni letusan kembang api yang mewarnai angkasa di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Pesta kembang api, petasan serta terompet berlangsung hampir selama satu jam tanpa jeda, membuat kabut asap memenuhi angkasa Kota Ambon.

Baca Juga  Masohi Diguncang Gempa dengan Magnitudo 3,4

Kebanyakan warga juga terlibat berjalan kaki dari pemukiman satu ke pemukiman lainnya dan saling bersalaman dengan sesama warga yang ditemui. Ada juga yang melakukan pesta kecil-kecilan sambil berjoget bersama di pemukiman mereka.

Hingga berita ini tayang, bunyi suara petasan dan nyala kembang api masih terus memenuhi langit Kota Ambon. (red/rtl)