4 Hal yang Harus Dilakukan saat Kamu Emosi Kepada Pasangan

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Sebuah hal wajar ketika kamu dan pasangan berselisih paham, atau ada kesalahan pasangan yang membuatmu merasa marah. Dalam kemarahan itu, banyak orang yang sulit mengendalikan diri dan pikirannya, lalu melakukan atau mengambil keputusan yang tidak sesuai. 

Nyatanya, mengendalikan emosi memang bukan perkara yang mudah. Apalagi, kalau sumber kemarahan itu, teramat membuatmu sakit hati. Lantas, apa yang harus kamu lakukan ketika sedang emosi kepada pasangan?

1. Memahami perasaan diri sendiri

Yang pertama harus kamu lakukan adalah memahami perasaan diri sendiri. Apa yang membuatmu marah? Apakah karena kesalahan pasangan? Atau karena kamu yang terlalu mengharap berlebihan dan akhirnya tidak bisa terpenuhi? 

Kalau kamu emosi karena pasangan tidak bisa menjadi seperti yang kamu harapkan atau memenuhi ekspektasimu, maka kamu harus menyadari bagaimana kamu diterima oleh pasangan tanpa adanya tuntutan yang memberatkanmu. Kamu juga manusia yang punya kekurangan dan pernah melakukan kesalahan, bukan? Tapi lihatlah bagaimana pasanganmu tetap menaruh percaya dan rasa bangganya kepadamu.

Baca Juga  Curiga, Pandamping Minta Polisi dan Wartawan Awasi Ketat Penyaluran Bansos di Sula

2. Terbuka 

Ketika kamu merasa marah kepada pasangan karena satu dan lain hal, akan lebih baik untuk membicarakannya. Jangan sampai kamu memendamnya sendirian. 

Dengan membicarakan, perasaanmu akan merasa lebih lega. Memendam kemarahan sendirian hanya akan membuat dadamu terasa sesak dan hidupmu menjadi kehilangan rasa bahagia hanya karena sebuah pertanyaan dan rasa sakit yang kamu simpan sendirian.

3. Sampaikan dengan bahasa yang baik 

Tarik nafas yang panjang dan berusahalah untuk menyampaikan apa yang kamu rasakan dengan bahasa yang baik. Paham sekali bahwa dalam dadamu bergemuruh amarah yang ingin dilampiaskan, namun berkata dan berbuat kasar tidak akan menjadikanmu dalam pihak yang benar. 

Baca Juga  Tergilas Dum Truk, Pengendara Honda Versa Meninggal di Tempat

Kamu harus menenangkan diri, berbicara dengan lebih santai, dan mencoba mengutarakan apa yang membuatmu emosi. Jelaskan kepada pasangan bahwa kamu emosi kepada sikap atau perbuatannya, bukan kepada orangnya. Sehingga pasanganmu akan berkenan untuk membenahi sikapnya. 

4. Dengarkan penjelasan pasangan

Meskipun kamu yakin bahwa kamu dalam pihak yang benar, namun kamu tetap membutuhkan penjelasan pasangan untuk membenarkan pendapat atau pandanganmu itu, bukan? Jadi, dengarkan argumen pasangan dan nilai dengan pemikiran yang terbuka. 

Itu dia 4 hal yang harus kamu lakukan saat emosi kepada pasangan. 

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.