5 Hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Tiba-tiba, Salah Satunya Kebiasaan Lewatkan Sarapan

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kamu sudah berusaha untuk diet namun berat badan naik secara tiba-tiba? Menjalankan diet memang susah-susah gampang, kamu perlu memperhatikan jenis, jumlah dan jam makan kamu.

Selain itu, waspada, ada pula hal-hal sepele yang bisa membuat berat badan kamu naik tanpa disadari. Apa aja sih? Simak, yuk!

1. Stres

Berat badan naik secara tiba-tiba
Berat badan naik secara tiba-tiba/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Saat stres, tanpa disadari kamu akan mencari lebih banyak makanan yang menenangkan daripada makanan yang sehat. Jacqueline Pirtle, penulis “365 Days of Happiness,” mengatakan bahwa stres dapat menyebabkan hubungan yang rusak dengan makanan.

Yups, cokelat memang dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol, kamu akan merasa lebih baik setelah memakannya. Namun saat stres, kamu lupa bahwa kamu hanya butuh sepotong coklat untuk mengembalikan mood. Terlalu makan banyak coklat akan membuat program dietmu berantakan, Beauties.

2. Kurang Tidur

Berat badan naik secara tiba-tiba
Berat badan naik secara tiba-tiba/Foto: Freepik.com/Jcow

Saat kamu tidur kurang dari enam jam di malam hari, hal tersebut akan menjadi alasan mengapa berat badan naik secara tiba-tiba. Dikutip dari Your Tango, sebuah penelitian menemukan bahwa hampir 40 persen orang dewasa mengatakan mereka tidur kurang dari enam jam semalam dan 38 persen dari mereka diklasifikasikan sebagai obesitas.

Baca Juga  Kapolres MTB Ajak Forkopimda Tinjau Polsek Fordata

Chris Brantner, Sleep Science Coach bersertifikat, mengatakan bahwa satu hal yang sering diabaikan banyak orang dalam penambahan berat badan adalah tidur.

Menurut Brantner, orang yang tidur enam jam atau kurang, rata-rata mengonsumsi 300+ kalori tambahan per hari. Hal tersebut terjadi karena kurang tidur menyebabkan peningkatan kadar Ghrelin, hormon rasa lapar dan penurunan kadar leptin, hormon yang membantumu merasa kenyang, Beauties.

3. Kurang Minum Air Putih

Berat badan naik secara tiba-tiba
Berat badan naik secara tiba-tiba/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Sering minum air putih tidak hanya bisa menghilangkan haus, tapi juga mencegahmu makan berlebihan. Jurnal Physiology & Behavior bahkan menemukan 60% orang salah mengartikan rasa haus sebagai lapar.

Selain itu, minum cukup air putih adalah cara sederhana untuk m menurunkan berat badan. Hal tersebut karena air dapat mengenyangkan dan tidak mengandung kalori. Bukan hanya air putih, kamu juga bisa minum teh atau infused water asalkan tidak ditambahkan gula.

Baca Juga  Gubernur Maluku Utara Sambut Dubes Palestina di Bandara Babullah Ternate

4. Mengonsumsi Produk Rendah Lemak

Berat badan naik secara tiba-tiba
Berat badan naik secara tiba-tiba/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Hal sepele lain yang membuat berat badan naik secara tiba-tiba berikutnya adalah ketika kamu selalu memilih produk makanan dan minuman yang rendah lemak. Dikutip dari detikHealth, produk rendah lemak pada umumnya sudah ditambah karbohidrat yang lambat diproses sebagai penggantinya.

Kondisi ini bisa menyebabkan ‘sugar rush’ yang pada akhirnya membuat kamu cepat lapar.

5. Melewatkan Sarapan

Berat badan naik secara tiba-tiba
Berat badan naik secara tiba-tiba/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Melewatkan waktu makan sering dianggap sebagai solusi agar berat badan turun lebih cepat. Namun faktanya, kebiasaan ini justru bisa membuat berat badanmu naik.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Epidemiology mengungkap bahwa seseorang yang melewatkan sarapan akan 4,5 kali lebih mungkin mengalami obesitas. Penyebabnya karena melewatkan waktu makan akan memperlambat metabolisme tubuh dan imbasnya, justru meningkatkan rasa lapar.

Baca Juga  Sudah Tayang di Bioskop, ini 5 Fakta Angel Has Fallen

Nah, itulah hal-hal sepele yang ternyata bisa membuat berat badan naik secara tiba-tiba, sebaiknya mulai diperhatikan ya, Beauties.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.