5 Tips Jitu Agar Hijab Tidak Melorot, Simpel dan Sederhana!

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Masalah hijab yang dihadapi oleh perempuan biasanya sangat beragam, contohnya adalah mudah geser atau melorot. Apalagi untuk pemula yang baru mengenakan hijab, pasti hal satu ini bikin sebal dan nggak nyaman. 

Hijab yang mudah melorot ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bukan hanya cara memakainya yang kurang benar, tapi bisa juga karena bahan hijab atau ciput yang digunakan telalu licin. Untuk mengatasinya, Beauties nggak perlu khawatir. Yuk, langsung aja coba 5 tips jitu yang telah Beautynesia rangkum untuk kamu!

1. Pilih Hijab yang Berbahan Kaku

Pilih Hijab yang Berbahan Kaku/Foto: Pinterest/Haute Hijab
Pilih Hijab yang Berbahan Kaku/Foto: Pinterest/Haute Hijab

Tidak hanya memiliki model yang beragam, hijab juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda. Ada bahan yang licin yakni satin, atau yang kaku seperti katun dan voal. Semua bahan ini bisa kamu jadikan pilihan sesuai selera masing-masing.

Namun ada yang perlu diperhatikan, bahan hijab ini juga bisa menjadi alasan kenapa selama ini hijabmu mudah melorot. Untuk itu, kamu bisa pilih hijab dengan bahan kaku sebagai solusinya. Selain katun, bahan hijab yang kaku ada voal, kashmir, dan viscose. Bahan-bahan tersebut cukup tegang dan kaku, tapi tetap nyaman saat digunakan.

2. Kenakan Ciput dengan Bahan Sesuai

Kenakan Ciput dengan Bahan Sesuai/Foto: fashionvalet.com
Kenakan Ciput dengan Bahan Sesuai/Foto: fashionvalet.com

Sebagian orang merasa bahwa mengenakan ciput saat berhijab membuat kepala terasa pusing dan lebih berat. Tapi kembali lagi, ciput ini bisa berguna untuk membuat penampilan hijabmu lebih rapi dan tertata.

Baca Juga  Gara-Gara Manuel Locatelli Gagal Penalti, Italia Singkirkan Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020

Ada beragam bahan dan model ciput yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu model ciput yang nyaman adalah ciput bandana. Ciput ini dibuat dari bahan kaos yang ringan dan elastis saat digunakan. Bahan ciput yang terbuat dari spandex atau kaus ini juga akan membantu hijabmu tidak mudah melorot meski dipakai seharian.

3. Setrika Hijab Sebelum Digunakan

Setrika Hijab Sebelum Digunakan/Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Setrika Hijab Sebelum Digunakan/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Siapa nih yang nggak pernah menyetrika hijabnya sebelum digunakan? Nah, sebelum memakai hijab, ada baiknya kamu menyetrika dulu hijab yang akan digunakan. Cara satu ini bisa membuat hijabmu lebih mudah ditata.

Saat menyetrika kamu cukup nyalakan dengan suhu ringan atau sesuaikan dengan bahan hijab. Untuk bahan hijab yang tipis, kamu bisa lipat dulu  menjadi dua saat di setrika. Jangan sampai menekan area lipatan, karena akan meninggalkan bekas yang sulit hilang. Selain itu, setelah menyetrika kamu bisa gantungkan hijab dulu atau biarkan kain dingin sebelum digunakan.

Baca Juga  BNPB Minta Pemerintah Daerah Waspadai Potensi Bibit Siklon Tropis 94W

4. Andalkan Peniti atau Jarum di Beberapa Bagian

Andalkan Peniti atau Jarum di Beberapa Bagian/Foto: Pinterest/Niswa Fashion
Andalkan Peniti atau Jarum di Beberapa Bagian/Foto: Pinterest/Niswa Fashion

Selain memilih bahan hijab atau ciput yang tepat, kamu perlu ingat ada peniti dan jarum yang bisa diandalkan. Hijab berbahan sutra atau satin cenderung mudah melorot saat dikenakan. 

Disini, kamu bisa menyiasatinya dengan menyematkan jarum di kedua sisi dekat telinga. Kemudian kenakan juga peniti di bagian bawah dagu. Peniti dan jarum ini akan membantu menahan bentuk hijab long lasting dan tidak melorot saat dikenakan. 

5. Usahakan Ikat Rambut-mu dengan Tepat

Usahakan Ikat Rambut-mu dengan Tepat/Foto: Pinterest/Women's Day
Usahakan Ikat Rambut-mu dengan Tepat/Foto: Pinterest/Women’s Day

Mengikat rambut dengan rapi sebelum berhijab juga berpengaruh, lho. Tatanan rambut yang tepat bisa membuat hijabmu lebih mudah diatur dan tidak mudah melorot. 

Baca Juga  Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan Resmi Dilantik

Cara mudahnya kamu bisa menggulung rambut seperti biasa. Jika merasa kesulitan, kamu bisa memakai hair band atau karet gulungan rambut yang membantu rambutmu rapi lebih mudah. Rambut yang dikuncir longgar bisa menjadi alasan jilbabmu mudah melorot. So, jangan malas mengatur rambut dulu sebelum berhijab.

Yups, itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah hijab melorot yang sangat mengganggu. Semoga berhasil dan penampilanmu jadi lebih rapi, ya.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.