Ambon Kota Pertama Asia Tenggara Yang Disinggahi Plastic Odyssey

oleh -496 views

Porostimur.com, Ambon – Kota Ambon menjadi kota pertama di Asia Tenggara dan Indonesia yang disinggahi kapal Ekspedisi Plastic Odyssey dalam rangka memberikan solusi terhadap persoalan sampah plastik di negeri ini.

Kehadiran para kru kapal yang bersandar di Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Tantui, Jumat (14/6/2024) ini disambut oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), A. Hehamahua, mewakili Pj. Wali Kota Ambon.

Hehamahua mengatakan, kehadiran Plastic Odyssey ini menjadi jawaban  terkait penanganan sampah di kota Ambon yang masih menjadi persoalan yang belum terpecahkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon hingga saat ini.

“Sampai hari ini persoalan masih menjadi bagian pergumulan bersama di kota ini, sebab kota ini menghasilan 220 ton per hari dan sampai hari ini baru bisa terangkut ke TPA 180 – 185 ton per hari, “ ujarnya.

Baca Juga  Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Meningkat, DPRD Maluku Harap Cakada Punya Visi Gender

Dirincikan, setidaknya ada 7 (tujuh) penyebab persoalan sampah, pertama jumlah sampah yang terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, karena aktivitas kota ini sebagai ibukota, sehingga hampir setiap hari penduduk bermutasi ke kota ambon untuk aktivitas pekerjaan dan perdagangan tetapi juga  pola konsumtif masyarakat.

“Kedua kita juga terbatas dalam sarana dan prasarana yang dimiliki, Ketiga; masyarakat kita belum sepenuhnya berpartisipasi dalam pengelolaan sampah secara baik karena belum mengetahui caranya,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.