Antisipasi Penambangan Illegal, Polres SBB Siapkan Satgas Operasi

oleh -36 views
Link Banner

@Porostimur.com | Piru : Adanya upaya sosialisasi penutupan tambang cinnabar oleh Polsek Huamual dan aparat TNI di sekitar lokasi penambangan dimaksud, turut mendapatkan dukungan dari Kepolisian Resort (Polres) Seram Bagian Barat (SBB).

Pasalnya, Polres SBB sendiri bakalan menyiapkan satuan tugas (Satgas) yang akan bertugas melakukan kontrol dan patrol di wilayah bekas tambang cinnabar, di Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Hal ini dibenarkan Kapolres SBB, AKBP Bayu T. BUtar-Butar,SIK, saat berhasil dikonfirmasi wartawan.

Pembentukan satgas dimaksud, akunya, ditujukan untuk mencegah terjadinya proses penambangan batu cinnabar secara illegal.

”Untuk penanganan selanjutnya guna mencegah masyarakat tidak melakukan proses penambangan ilegal jenis Batu Cinabar yang terdapat di Kecamatan Huamual di Desa Iha  dan Desa Luhu, maka kami dari jajaran Polres SBB akan bentuk satgas operasi yang akan berdiam di lokasi tambang, guna untuk mencegah warga jika lakukan secara sembunyi-sembunyi,” ujarnya.

Baca Juga  Hari Terakhir UAMBN, Kakankemenag Halsel Lakukan Monitoring

Menurutnya, satgas dimaksud bukan hanya akan menegakkan aturan kepada masyarakat yang melakukan penambangan batu cinnabar secara illegal, namun juga akan menindak aparat yang melakukan back-up atas kegiatan penambangan dimaksud.

”Dan kami akan tindak tegas jika ada oknum-oknum, baik itu dari pihak kami kepolisian yang membekup, dan juga untuk warga masyarakat baik sengaja maupun tidak sengaja akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Saya himbau agar warga masyarakat sadar dan mau taati aturan yang berlaku di negara ini. jangan melanggar, nantinya yang kena imbas dan dijerat hukum adalah warga masyarakat sendiri” pungkasnya. (doddy)