Apa Perbedaan Habib dan Syekh?

oleh -69 views
Apa perbedaan habib dan syekh? Syekh jadi gelar Pimpinan Tarekat Qadiriyah, Syaikh Abdul Qadir al-Jilani. Foto/Ilustrasi: Ist

Apa perbedaan habaib dan syaikh atau syekh? Dua istilah ini sama-sama dari Bahasa Arab . Syekh adalah gelar kehormatan kepada ulama. Gelar ini juga seringkali disematkan kepada kepala suku atau anggota kerabat kerajaan di negara-negara Arab.

Demikian dijelaskan dalam Sheikh Community, Islam Religion, Middel East. Kata tersebut aslinya bermakna “tetua”, juga berarti “yang mulia” dalam konteks monarki. Kata syaikh muncul dalam ayat ke-23 Surah Al-Qasas dalam Al-Qur’an .

Di Jazirah Arab, syaikh menjadi gelar tradisional yang diberikan kepada pemimpin masyarakat Arab Badui.

Jamil M. Abun-Nasr dalam buku “Muslim Communities of Grace: The Sufi Brotherhoods in Islamic Religious Life” (Columbia University Press, 2007) menjelaskan dalam Sufi , kata syaikh dianggap merujuk kepada pemimpin spiritual dari suatu tarekat. Contohnya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani , yang memimpin tarekat Qadiriyah , dan Syaikh Ahmad at-Tijani, yang memimpin tarekat Tijaniyyah.

Baca Juga  Kalimantan Timur Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas JMSI III

Di anak benua Asia Selatan, syekh bukan sebatas gelar, melainkan jabatan pekerjaan yang ditujukan kepada pedagang Muslim.

Di Iran, gelar syekh memiliki arti yang beragam, di antara individu yang dituakan dan bijaksana. Gelar ini merupakan gelar kehormatan yang digunakan untuk sesepuh dan ulama terpelajar.

No More Posts Available.

No more pages to load.