Ayu Hasanusi Kunjungi Lokasi Longsor di Gadihu Ambon

oleh -116 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Satu unit rumah warga di daerah Gadihu, mengalami kerusakan akibat diterjang tanah longsor. Longsor yang sudah terjadi beberapa hari yang lalu ini, menimpa rumah Said Arey, warga RT.002/RW.013, Gadihu, Kebun Cengkeh, Kota Ambon.

Mendengar peristiwa ini, salah satu anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, R. Ayu Hindun Suhita Hasanusi mengunjungi lokasi tersebut.

“Jadi pada waktu kejadian kami tidak tahu dan baru hari ini diberitahukan bahwa ada terjadi longsor di daerah Gadihu, Kebun Cengkeh dan tadi saya sudah pergi ke lokasi kejadian untuk melihat keadaan di sana”, ujar Hasanusi, Sabtu (22/5/2021).

Hasanusi menjelaskan, peristiwa ini sudah terjadi 2 hari yang lalu, dimana usai hujan deras, terjadi longsor yang mengakibatkan talud jebol dan menimpa rumah warga. Dirinya juga mengatakan, bahwa talud yang jebol itu dibuat oleh masyrakat sendiri sehingga strukturnya tidak sesuai.

“Talud-talud disana kan dibuat oleh masyarakat jadi strukturnya itu tidak sesuai, kan daerah-daerah seperti itu dia punya struktur bangunan harus lain. Tidak boleh dibuat begitu saja oleh masyarakat, akhirnya dindingnya semuanya jebol. Untungnya pada waktu kejadian tidak ada masyarakat di situ, kalau tidak pasti ada korban yang tertimpa longsor”, paparnya.

Baca Juga  Pasien Covid-19 Berusia 84 Tahun di RSAL Dr FX Soehardjo Ambon Dinyatakan Sembuh

Dirinya mengaku telah menghubungi pihak PU dan mereka juga sudah melihat lokasi kejadian khususnya kondisi talud tersebut.

Hasanusi menuturkan, jika masalah ini tidak di tangani secara cepat, maka rumah yang tertimpa longsor ini pasti akan rubuh dan menimpah rumah yang berada dibawahnya juga.

Ia berharap, ada bantuan darurat dari pemerintah secepatnya, supaya bisa meminimalisir longsor itu, dengan mungkin membuat bronjong dan jika situasi dan kondisi hujan sudah selesai, untuk secepatnya harus dibuat talud yang permanen.

“Tadi saya juga sudah menghubungi Hendri Far Far, selaku Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Maluku mungkin dari penanganan bencana bisa membantu terpal atau apa saja yang bisa membantu masyarakat untuk menanganinya longsor ini sementara”, tukasnya.

Baca Juga  Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kota Ambon. Ahad, 17 Mei 2020

Hasanusi juga berpesan kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan berhati-hati pada musim hujan saat ini, karena pada setiap musim hujan di Kota Ambon, sering terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.