Bayi Hiu Mirip di Film Monster Inc Ditemukan di Maluku

oleh -143 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ini bukan cerita mengenai siluman atau mitos, namun seekor ikan hiu bermata satu yang ada di dunia nyata. Kondisi mutasi membuat hewan tersebut mirip seperti karakter Mike Wazowki dalam film Monster Inc.

 Hewan ini ditemukan di dalam perut ibunya, saat terjaring oleh nelayan di Maluku. Biasanya, nelayan akan mengeluarkan isi perut hewan ganas itu. Namun betapa terkejutnya, saat dibuka ditemukan hiu kecil dengan keadaan aneh dan sudah mati.

Bentuknya memang seperti ikan biasanya, karena sirip terbentuk sempurna dengan tubuh berwarna putih. Namun yang membuat aneh adalah matanya, bukan dua melainkan satu dan berada di tengah wajahnya, seperti dilansir dari laman The Sun, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga  Kalian Mau Apa? Saya Ini Menko, Kekuasaan Saya Besar!

“Kami menemukan tiga bayi (hiu) di dalamnya. Namun salah satunya tampak aneh dengan satu mata. Warnanya juga aneh, seperti susu,” ungkap seorang nelayan.

Link Banner

Para nelayan itu melaporkan temuannya ke kantor kelautan setempat, sebelum menyerahkan bayi hiu bermata satu itu untuk pengujian lebih jauh.

Kondisi hiu itu bernama cyclopia, yakni sebuah gangguan langka yang menghasilkan bagian depan otak untuk membagi orbit mata gagal menjadi dua rongga.

Temuan tersebut terjadi dalam cacar otak dan wajah yang dikenal dengan nama holoprosencephaly. Untuk sejumlah kasus parah hingga bisa keguguran. Temuan hewan bermata satu ternyata bukan kali ini saja. Tahun 2011 lalu, makhluk langka ditemukan dari rahim banteng di Teluk California.

Ahli kelautan dari Centro Interdisciplinario de Ciencias del Mar Meksiko, Felipe Galvan Magana mengatakan temuan itu sangat jarang. “Sejauh yang saya ketahui, kurang dari 50 contoh kelainan seperti ini pernah dilaporkan,” kata dia. (red/viva)