Brimob dan TPNPB-OPM Terlibat Baku Tembak di Mimika

oleh -132 views
Link Banner

Porostimur.com | Mimika: Brimob perbantuan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) terlibat kontak tembak dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat- Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang diduga dari kelompok Kali Kopi.

Dilansir dari kompas.com, peristiwa ini terjadi 10 menit setelah malam pergantian tahun 2019 – 2020, atau sekitar pukul 00.10 WIT, Rabu (1/1/2020), di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Kapolsek Tembagapura AKP Hermanto ketika dikonfirmasi membenarkan persitiwa itu.

Menurut dia, awalnya sekitar pukul 00.05 WIT, Ipda Alwin yang melaksanakan kegiatan pengamanan di Kampung Banti 1 mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020 melalui HT Satgas kepada posko Komodo.

Selanjutnya, terdengar bunyi lonceng dari Kampung Opitiwak, dan sekelompok masyarakat membunyikan petasan di Kampung Kimbeli.

Baca Juga  Bank Indonesia Mengembangkan Embrio Start Up Asli Maluku

Tidak lama kemudian, terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak enam kali dari arah blok C Kampung Banti 1 yang mengarah kepada Pos Satgas Aman Nusa Brimob NTT di Kampung Banti 2.

Suara tembakan itu kemudian dibalas personel Brimob.

“Sehingga personel Satgas Aman Nusa NTT melakukan aksi balasan tembakan,” kata Hermanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu sore.

Pasca peristiwa itu, Kapolsek bersama anggota, dan Timsus mendatangi Pos Satgas Aman Nusa Brimob NTT di Kampung Banti 2.

Sekitar pukul 01.20 WIT, terjadi kontak tembak antara KKB dan anggota Brimob di Kampung Banti 1.

“Terdengar rentetan letusan senjata api di Kampung Banti 1 sebanyak 10 kali yang mana terjadi kontak tembak antara personel Brimob NTT Aman Nusa penanggulan KKB dengan Kelompok KKB Kali Kopi,” ujar Hermanto

Baca Juga  Sebanyak 2014 Guru SD Sekota Ambon Jalani Vaksinasi Covid-19

Dalam kontak tembak itu tidak ada korban jiwa, dan situasi di Kampung Banti kondusif.

“Situasi aman dan terkendali,” kata Hermanto. (red/rtl/komp)