BRIN Teliti Kekuatan Mistis Manuskrip Kuno Mahar Nubuah di Kaitetu, Ini Hasilnya

oleh -57 views

Porostimur.com, Jakarta – Tim riset Pusat Riset Khazanah Keagamaan dan Peradaban (PRKKP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Agustus 2023 lalu, melakukan penelitian tertang kekayaan manuskrip kuno di Negeri Kaitetu Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

“Tiga peneliti PRKKP BRIN melalui Rumah Program Identitas Kebangsaan Organisasi Riset Arkeologi Bahasa dan Sastra meneliti kekayaan manuskrip di Provinsi Maluku,” Kata Kepala Pusat Riset Khazanah Keagamaan dan Peradaban, Wuri Handoko, dalam keterangan belum lama ini.

Dikatakannya, riset yang dilakukan mengangkat topik “Kekuatan Mistis Manuskrip Kajian Parateks Merangkul Lawan Menjadi Kawan”, di mana kekayaan manuskrip di Maluku telah mencapai ratusan unit yang telah alih media atau digitalisasi dalam katalog, agar informasi yang terkandung tetap hidup.

Baca Juga  KPK Periksa Kepala BPKAD dan BPD Provinsi Maluku Utara

Terdapat beberapa manuskrip yang diindikasikan memiliki kekuatan mistis berdasarkan informasi awal dari masyarakat lokal.

“Karena itu, tim berusaha menggali sesungguhnya realitas kekuatan mistis pada manuskrip dan bagaimana relevansi dengan tradisi damai dan tradisi kebersamaan yang ada dalam gaya hidup masyarakat,” katanya.

Dalam riset ini katanya, terungkap berbagai kajian mistis yang terkandung dalam manuskrip. Di mana dalam lembaran-lembaran manuskrip ini sarat akan makna keagamaan yang diramu dalam aspek mistis.