Danrem 152/Babullah Ikut Tanam Pohon Mangrove pada SBJ TNI-AL

oleh -18 views
Link Banner

Poroostimur.com – Ternate: Komandan Korem 152/Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito. S.I.P., M.Si. didambingi kasiter kasrem 152/Baabullah Kolonel Arh. Henri Yudi Setiawan menghadiri kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) TNI-AL 2021 dan penanaman pohon bakau (mangrove) secara serentak bertempat di Pantai Gambesi Jl. Raya Gambesi, Kelurahan Gambesi, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara pada Kamis, (16/09/2021).

Danlanal Ternate dalam sambutan menjelaskan bahwa Mangrove merupakan salah satu eko sistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, mencegah banjir, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati dan menyediakan bahan-bahan alami penting dan menjadikan sumber mata pencaharian bagi banyak orang.

Pada acara itu Gubernur Malut yang diwakili oleh Asisten III Pemprov Malut Hairudin Galilea, membacakan sambutan gubernur menji bahwa Ekosistem mangrove hanya dapat ditemui di daerah tropis, sebagian jenis mangrove tumbuh di bibir pantai dan zona yang berair laut, Pola hidup mangrove ini merupakan suatu fenomena yang khas.

Baca Juga  Inginkan Tubuh Langsing Meski Banyak Makan? Ssst.. Ini Rahasianya!

Mangrove biasanya berada di daerah muara sungai atau pancaran kaki pantai yang merupakan daerah Tujuan akhir dari partikel organik ataupun endapan lumpur yang terbawa dari daerah hulu akibat adanya erosi.

Peran ekologis besar bagi kehidupan manusia yang telah berabad-abad dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup di pesisir, hutan mangrove yang juga memiliki fungsi mulai dari penyediaan sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi.

Di tempat terpisah Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito. S.I.P., M.Si dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan bakau/mangrove terbesar di dunia.

Baca Juga  Danrem 152/Baabullah Sambut Kunker Pangkogabwilhan di Malut
Foto: Persiapan Tanam Pohon Mangrove di Kelurahan Gambesi Kecamatan Kota Ternate Selatan (istimewa)

Hutan bakau memiliki peranan penting dan bermanfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir seperti mencegah erosi, abrasi pantai bahkan mencegah bencana alam.

Penanaman pohon Mangrove dilakukan secara serentak sebanyak 1.000 bibit pohon mangrove. Adapun peserta penanaman pohon mangrove terdiri dari Masyarakat, Pelajar, TNI dan Polri. Penanaman pohon mangrove dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Hadir dalam kegiatan itu Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Komarudin, Mewakili Kapolda Malut Dir Pol Airud Malut Kombes Pol Raden Agung Jarot Riyadi, Kasi Ter Kasrem 152/Bbl Kol Arh.Hendri Yudi Setiawan, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Adi Sabaruddin, S.Sos.

Mewakili Gubernur Malut Asisten III Pemprov Malut Hairudin Galilea, Kapolres Ternate AKBP Aditiya Laksimada Sik, Mewakili Walikota Ternate Mochtar SPi (Camat Ternate Selatan), Kepala Kantor Beacukai Ternate Shinta Dewi Arini, Kepala Kansar Ternate Arafat, Kepala Jasaraharja Kota Ternate (Forum BUMN Ternate) Arif, Pimpinan BUMN, BUMD Provinsi Malut, Pimpinan BUMD Kota Ternate, Perwira Lanal Ternate, dan Siswa/i Pramuka MAN Dufa-Dufa, Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Ternate, serta warga Pesisir Pantai Kelurahan Gambesi. (adhy)