DPMPD Halbar Lakukan Penguatan Petunjuk Tekhnis BLT-DD Ke Pemdes dan BPD

oleh -239 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah menerbitkan Peraturan Bupati Halmahera Barat, Nomor 11 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Tahun Anggaran 2020.

Petunjuk teknis ini guna memberikan pedoman bagi pemerintah desa (Pemdes) terkait teknis pengalokasian anggaran, pendataan, penetapan dan penyaluran BLT-DD maupun penegasan sanksi bagi pemerintah desa yang tidak menganggarkan BLT-DD Tahun 2020.

“Langkah ini, guna mendorong percepatan pelaksanaan penyaluran  BLT-DD sesuai amanat pedoman peraturan perundang-undangan yaitu di mulai bulan April, Mei dan Juni dan/atau paling lambat dilaksanakan mulai bulan Mei,” jelas Kadis DPMPD Halbar Asnath Sowo, Rabu (6/5/2020).

Kata Asnath, DMPD akan melakukan fasilitasi sosialisasi PERBUP Nomor 11 Tahun 2020 dan penguatan bagi Kepala Desa dan BPD dengan system Cluster per Kecamatan dengan pembagian sesi kegiatan yang mengacu pada prinsip penerapan protokoler kesehatan penanganan wabah COVID-19 di mulai Rabu 06 /05/20 tadi.

Kadis DPMPD Halbar Asnath Sowo

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan penguatan pemahaman teknis kepada Pemerintah Desa dalam melakukan pendataan calon penerima BLT-DD, penetapan dan proses pengesahan daftar penerima BLT-DD, hingga proses pembayaran BLT-DD  sehingga diharapkan target waktu pembayaran BLT-DD dapat dilaksanakan,” jelasnya.

Baca Juga  Partai Demokrat Malra Tegaskan Bukan Bagian dari Koalisi 10 Parpol

Melalui Kadis DPMPD, Bupati Danny Missy menghimbau kepada seluruh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa segera melakukan Musyawarah Desa Khusus penetapan calon penerima manfaat sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam petunjuk teknis pelaksanaan BLT-DD. Mengacu pada Pagu DD di setiap Desa dalam wilayah Kabupaten Halbar.

“Estimasi alokasi Pagu BLT-DD menurut Kepala Dinas DPMPD Kab. Halmahera Barat Asnath Sowo sebesar ± Rp36 Milyar dengan jumlah maksimal calon Kepala Keluarga Miskin penerima manfaat sebanyak ± 20.023 KK,” pungkasnya. (ash)