Dua Faskes Penyedia Swab-PCR di Ambon Tetapkan Tarif Rp 525.000

oleh -45 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dua fasilitas kesehatan (Faskes) penyedia tes Swab PCR mandiri di Kota Ambon yakni RS Siloam dan Klinik Prodia diketahui sudah menetapkan batas tarif tertinggi Rp 525.000 sesuai edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI nomor HK.02.02/I/2845/2021.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Promes setelah melakukan rapat dengar pendapat bersama dinas kesehatan (Dinkes) Kota Ambon bersama kedua Faskes tersebut di ruang rapat paripurna DPRD, Jumat (20/8/2021).

Dikatakan Zeth, edaran Kemenkes itu wajib dilaksanakan Faskes penyedia layanan tes Swab PCR. Sebab itu, komisi ingin mengkroscek data dan informasi tentang kepatuhan terhadap edaran tersebut oleh RS Siloam dan Klinik Prodia.

Baca Juga  Lanud Pattimura Gelar Donor Darah Dalam Peringati HUT Ke-74 TNI AU

“Dari cakapan dan hasil pengawasan, diketahui mereka sudah tetapkan batas tarif tertinggi tes mandiri atau atas permintaan sendiri Swab PCR yaitu Rp 525 ribu dari sebelumnya Rp 900 ribu sekian,” tandas Zeth via seluler.

Menurut Zeth, pihaknya perlu memastikan kepatuhan Faskes pada edaran Kemenkes soal batas tarif tes PCR agar tidak timbulkan pertanyaan maupun kebingungan di publik. Sebab hanya RS Siloam dan Prodia yang menyediakan fasilitas tes PCR di Kota Ambon.

“Artinya supaya juga bagi masyarakat khususnya pelaku perjalanan dalam negeri ke daerah Pulau Jawa dan Bali yang memang aturannya wajib kantongi hasil tes PCR negatif 1×24 jam selain kartu vaksin bisa tahu jelas,” akuinya.

Baca Juga  Werembinan, Tidak Ambil Gaji DPRD Sebagai Bentuk Protes Kepada Pemerintah KKT

Pasalnya Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menkes Budi Gunadi Sadikin agar tarif tes Swab PCR harus turun.
Hal itu pun ditindaklanjuti dengan edaran terbaru Kemenkes, bahwa seluruh Faskes di Indonesia harus menetapkan batas tarif tertinggi diangka Rp 450.000- Rp 550.000.

Sebelumnya, batas tarif tertinggi untuk tes Swab PCR mandiri atau atas permintaan sendiri diangka Rp 900 ribu dan memunculkan kegelisahan di masyarakat karena terbilang mahal. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.