Fakultas Teknik Unibrah Tanda Tangan Kerja Sama Dengan Balai Jakon Wilayah VII Jayapura

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkup Fakultas Teknik Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara, pihak fakultas telah menanda tangani kerjasama dengan Balai Konstruksi Wilayah VII Jayapura Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia (Kemen PUPR-RI) Direktorat Jenderal Bina Konstruksi pada Selasa (21/7/2020).

Bentuk implementasi dari kerjasma ini akan dilaksanakan pelatihan on-line/ distance learning pada tanggal 4 Agustus-7 Agustus 2020 dan akan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi untuk 7 jabatan kerja, yakni: Ahli Teknik Bangunan Gedung, Ahli K3 Konstruksi, Ahli Manajemen Konstruksi, Ahli Teknik Jalan, Ahli Manajemen Proyek, Ahli Teknik Jembatan, dan Ahli Arsitektur Landsekap.

Uji Kompetensi ini dilakukan oleh assessor dari Lembaga Pembinaan Jasa Konstruksi Pusat (LPJK).

Baca Juga  Banjir Halmahera Utara, 2.863 Jiwa Jadi Pengungsi

Dekan Fakultas Teknik Universitas Bumi Hjrah (UBH) Dede Sumarna, ST, MT mengatakan, amanat UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi pada Bagian Ketiga tentang Sertifikasi Kompetensi Kerja, mengamanatkan kewajiban bagi setiap tenaga kerja konstruksi untuk memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja dan kewajiban Pengguna Jasa dan/atau Penyedia Jasa untuk mempekerjakan tenaga kerja konstruksi bersertifikat.

Dede bilang, penduduk bekerja di Provinsi Maluku Utara menurut lapangan kerja utama sektor konstruksi seberar 29,79% (berdasasarkan data BPS Malut dalam angka 2018) menempati urutan ke 6 (enam) setelah transportasi dan trendnya terus naik positif.

“Ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Fakultas Teknik UBH agar bagaimana supaya tenaga kerja sektor konstruksi ini diisi oleh Putra/Putri Maluku Utara yang tetap mengutamakan prinsip yang memiliki kompetensi kerja dan sertifikat kompetensi itu yang wajib dipekerjakan”, ujar Dede.

Baca Juga  Chris Evans Kembali Jadi Captain America

“Dan Alhamdulillah alumni Fakultas Teknik UBH mampu berkompetisi, dimana hampir 95 % alumninya bekerja di sektor konstruksi dan pertambangan di Maluku Utara”, imbuhnya.

Bagi Dede hal yang membanggakan adalah banyak mahasiswa Fakultas Teknik UBH sudah bekerja atau kuliah sambil kerja di sektor konstruksi. Baik itu selaku konsultan atau pun kontraktor.

“Kami di Fakultas Teknik UBH bukan hanya mencetak pekerja tapi mencetak mahasiswa/alumni Fakultas Teknik UBH yang menjadi ahli konstruksi dan memiliki kompetensi”, papar Dede Sumarna. (bur)