Gelar Rapat Paripurna, DPRD Kepulauan Sula Bentuk Pansus Covid-19

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, melaksanakan  sidang paripurna pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Covid-19, Kamis (8/7/21) tadi malam.

Pansus Covid-19, diketuai Ramli Sade, Perwakilan dari Faraksi Basanohi itu, berlangsung di ruang paripurna DPRD, Bukit Harapan, Desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara.

Rapat aripurna yang dihadiri 14 anggota, dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD, Ahkam Gajali. Ketua DPRD Sinaryo Thes dan Wakil Ketua II Hamja Umasangaji tak menghadiri paripurna, termasuk ketua dan anggota Fraksi Demokrat pun tidak hadir.

Ahkam Gazali, selaku pimpinan sidang dalam sambutannya mengatakan, sesuai anggota yang hadir forum terpenuhi, untuk itu keputusan yang diambil oleh Rapat Paripurna pembentukan Pansus Covid-19, dinyatakan sah.

“Penyebaran pendemik Covid-19 yang memberikan dampak serta mengancam pertumbuhan ekonomi Indonesia antara lain karena menurunnya penerimaan negara dan ketidapastian ekonomi global sehingga memerlukan kebijakan dan langkah-langkah luar biasa oleh pemerintah di bidang keuangan negara termasuk keuangan daerah”, kata Ahkam.

Baca Juga  Sekuel 'Tomb Raider' Akhirnya Gaet Sutradara dan Penulis Naskah Baru

Politisi Partai Golkar ini bilang, tolak ukur keberhasilan DPRD menjelankan amanat rakyat, salah satunya terjalin hubungan yang baik, harmonis serta saling menghormati satu sama lain antara DPRD dan pemerintah daerah.

“Sejalan dengan itu, untuk melaksanakan fungsi pengawasan DPRD perlu membentuk Pansus Covid-19 guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi penangan Covid-19 oleh pemerintahan daerah. Berkaitan dengan jumlah anggota dan struktur pansus kita berpedoman pada tata tertib DPRD, yang menegaskan bahwa jumlah anggota Pansus maksimum tidak melebihi jumlah anggota DPRD, dengan memperhatikan keterwakilan setiap komisi dan fraksi berdasrkan pertimbangan anggota”, jelasnya.

Menurut Ahkam, berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, Nomor: 5 Tahun 202, tentang Pansus Covid-19, memperhatikan hasil Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, tanggal 8 Juli 2021, memutuskan, menetapkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kelulauan Sula tentang Panitia Khusus Dana Covid-19 Tahun 2020.

Baca Juga  Camelia Putih

“Ketua Pansus Ramli Sade, Wakit Ketua Ihsan Umaternate, Sekretaris Ramli Tidore, dan anggota Mardin Laode Toke, Sahrul Fatgehipon, Risyadin Buamona, Rian Ardianto Ruslan, Ajhar Makian”, tuturnya.

Terpisah Ketua Pansus Covid-19, Ramli Sade, menambahkan pihaknya tetap profesional dalam menjalankan tugas dan menargetkan sebelum berakhirnya waktu kerja Pansus sudah melakukan Paripurna untuk menyerahan rekomendasi.

“Ini adalah tugas dan tanggung jawab yang telah diembankan. Selaku Ketua Pansus, InsyaAllah kami tetap profesional dalam menjalankan tugas ini, dalam arti kita membentuk Pansus lalu hanya menggugurkan kewajiban yang jelasnya kami tetap akan profesional dan InsyaAllah waktu yang ditentukan tadi 45 hari kalender, kami upayakan sebelum 45 hari kalender kami akan paripurna merekomendasikan hal-hal yang kami temukan di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga  Polres Malteng ringkus 5 pencuri dalam sepekan

Berikut Struktur Pansus Covid-19

Ketua: Ramli Sade

Wakil Ketua: Ihsan Umaternate

Sekretaris: Ramli Tidore

Berikut Usulan Anggota Perwakilan Fraksi

Fraksi Golkar:

Iksan Umaternate

Rian Ardianto Ruslan

Fraksi Basanohi

Ramli Sade

Mardin La Ode Toke

Sahrul Fatgehipon

Risandi Buamona

Fraksi Kebersamaan

Ramli Tidore

Ajhar Makian

Fraksi Demorkat yang Tidak Hadir

Sunaryo Thes (Ketua DPRD)

Asiran Jodi

Ajis Umanahu

Fredi Parangkuang

Ricardo Hongarta

Wakil Ketua II Hamja Umasangaji (NasDem)

(ifo)

No More Posts Available.

No more pages to load.