Gempa 2,9 SR Guncang Ambon

oleh -236 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gempa tektonik berkekuatan 2,9 magnitudo mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Sabtu malam (9/5/2020) Pukul 19.51 WIT.

Meski kekuatannya relatif kecil, namun guncangan gempa sangat dirasakan warga di ibu kota Provinsi Maluku ini.

Hal itu karena pusat gempa sangat dekat dengan Kota Ambon dan kedalamannya hanya 10 kilometer.

Kuatnya guncangan gempa membuat sejumlah warga keluar dari rumah-rumah mereka.

Adapun gempa tersebut berpusat pada lokasi 3.66 Lintang Selatan dan 128 Bujur Timur. 

Atau berjarak 7 kilometer barat daya Ambon dan 43 kilometer barat daya Kairatu, Seram Bagian Barat dengan kedalaman 10 kilometer dibawa permukaan laut.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin mengatakan meski kekuatannya hanya magnitudo 2,9 namun gempa tersebut sangat dirasakan kuat getarannya. 

Baca Juga  Warga Timor Leste Penderita COVID-19 Adalah Mahasiswa yang Baru Tiba Dari Ambon

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa tersebut dirasakan getarannya oleh warga di Ambon dengan skala III MMI.

Tidak menimbulkan tsunami

“Kekuatannya memang kecil namun karena gempanya dangkal dan pusatnya sangat dekat dengan Ambon maka getarannya sangat kuat dirasakan warga,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Meski dirasakan sangat kuat, namun ia memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga tidak perlu khawatir.

“Tidak perlu panik karena gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya. (red/rtm/kompas)