Gunung Ibu Erupsi, Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 1.200 Meter

oleh -15 views

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, mengalami erupsi dan meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter pada Kamis (7/12/2023).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Efrita Lusy Andriany Saragih, mengatakan, erupsi itu terjadi pukul 11.17 WIT, yang terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 90 detik.

“Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam letusan yang terjadi, di mana kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara,” kata Efrita dalam laporan.

Menurut PVMBG, tingkatan kebencanaan vulkanik Gunung Ibu saat ini masih berstatus level II atau siaga.

PVMBG juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar gunung api untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer. Bahkan pihak otoritas setempat juga sudah memperluas jarak radius aman sekitar 3,5 kilometer dari arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Baca Juga  JMSI dan SiberMu Tandatangani MoU Dukung Pendidikan Jarak Jauh

Untuk mengantisipasi dampak dari abu vulkanik tersebut, masyarakat juga diminta menggunakan masker dan kacamata. 

Sebagai informasi, sejak 1 Januari sampai 7 Desember 2023, Gunung Ibu tercatat telah mengalami erupsi dengan jumlah letusan tercatat sebanyak 60 kali.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.