Gunung Ibu Halmahera Barat Erupsi Setinggi 1,5 Kilometer

oleh -31 views

Porostimur.com, Jailolo – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi setinggi 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ibu di Maluku Utara.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu, Ahmad Basuki mengatakan, erupsi itu terjadi pukul 22.46 WIT. Lontaran abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara.

Selain itu terekam bahwa Gunung Ibu mengalami erupsi dengan tinggi kolom letusan mencapai 1500 meter dari puncak atau 2825 dari permukaan laut.

“Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 1.500 meter di atas puncak,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (1/9/2023)dinihari.

Ahmad menuturkan erupsi itu terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 88 detik.

Baca Juga  Kasus Bupati Halut Kejar Mahasiswa Pakai Golok Naik Status

Warga maupun pengunjung yang berada di sekitar Gunung Ibu disarankan tidak melakukan kegiatan di area dalam radius 2 kilometer dari puncak serta area perluasan sektoral sejauh 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung api tersebut.

Jika aktivitas Gunung Ibu sampai menimbulkan hujan abu, maka masyarakat di sekitar gunung itu diminta menggunakan penutup hidung dan mulut serta kacamata saat beraktivitas di luar rumah.

Gunung Ibu berstatus Waspada (Level II) sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang. PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera itu mengalami 26 kali erupsi sejak 1 Januari 2023.

No More Posts Available.

No more pages to load.