IKAPATTI Gelar Pra Mubes Ke-1

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksanaan kegiatan Pra Mubes mengawali Musyawarah Besar I Universitas Pattimura, digelar dipelataran Fakultas Teknik Unpatti, Kamis, 18 Maret 2021.

Kegiatan-kegiatan yang yang digelar dihari ini dalam bentuk IKAPATTI berbagi, IKAPATTI Bersih-Bersih atau Penyemprotan Disinfektan yang berlangsung di Gereja Maranatha, Gereja Katedral dan Pasar Mardika Kota Ambon., IKAPATTI BERBAGI yang berlangsung di Panti Asuhan Pelita Kasih, Jl. Pohon Mangga, Rumatiga-Ambon, Pondok Pesantren Al-Anshor Maluku., Panti Asuhan Santa Maria/Santo Yoseph Ahuru-Ambon dan Pra-Mubes.

Puncak kegiatan MUBES akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2021 di Swissbell Hotel.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Agus Ufie, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran alumni dalam berbagi kesempatan harus dimanfaatkan dan dikembangkan. Posisi dan peran ikatan alumni unpatti akan dibangkitkan melalui momentum pelaksanaan MUBES I IKA PATTI.

Link Banner

MUBES akan memilih kepengurusan baru sekaligus akan membicarakan berbagi program yang nantinya dirumuskan melalui program kerja pengurus terpilih. “MUBES adalah momentum demokrasi organisasi dalam rangka merevitalisasi fungsi peran dan eksistensi IKAPATTI sebagai organisasi moderen, sehat dan progresif demi menunjang berbagai kebijakan guna pengembangan almamater.

Alumni menjadi bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Alumni saling membutuhkan dan harus bersinergi dengan almamaternya” ujar Dr Ufie. Lanjutnya, alumni harus menjadi tolak ukur kesuksesan suatu lembaga Perguruan Tinggi, sehingga keberadaan alumni menjadi indikasi kriteria keberhasilan lembaga Perguruan Tinggi tersebut dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga  Cek Kesiapan, Danyonmarhanlan IX Ambon Pemeriksa Kendaraan Dinas

“Jika alumni dapat diserap secara maksimal di dunia kerja dan masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki maka Perguruan Tinggi telah sukses menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Keberadaan IKAPATTI sangat penting dalam memberikan kontribusi secara simultan dalam rangka proses perbaikan dan pengembangan Unpatti. Keberadaan IKAPATTI tidak dipandang sebagai suatu organisasi biasa tetapi IKAPATTI harus mampu menjadi pusat pengembangan kreatifitas, inovasi sumberdaya bercirikan laut pulau sesuai dengan identitas daerah Maluku dan memberikan kontribusi konkrit yang berciri Bina Mulia Kelautan yang menjadi Pola Ilmiah Pokok Unpatti”.

Dalam sambutannya, Ketua Ikatan Alumni Universitas Pattimura, Dr. Zeth Sahuburua, S.H, M.H mengatakan Alumni Unpatti telah menunjukan perannya ditengah masyarakat, dan mencerminkan kualitas universitas yang ditunjukan dengan berbagai jabatan penting yang dipercayakan kepada para Alumni Unpatti pada lembaga maupun kementerian.

Baca Juga  Dipicu Api Cemburu, Seorang Suami di Buru Selatan Tewas Ditikam Sang Istri

IKAPATTI harus bangkit untuk menghadapi berbagai tantangan “Mubes yang nanti digelar mampu mencetus berbagi ide dan gagasan, yang menunjukan peran Alumni Universitas Pattimura dan semua gagasan tersebut akan diteruskan kepada pemerintah sebagai bentuk kontribusi pemikirian dalam rangka membangun Maluku dan Indonesia mengahadapi 100 tahun Indonesia Merdeka”.

Lanjut dikatakan alumni akan berperan sebagai Center of Development untuk menghadapi masa depan, dan Universitas Pattimura diharapkan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

Saat membuka secara resmi kegiatan IKAPATTI, Rektor Univesitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan hari ini kita melaksanakan moment  yang menandakan  begitu pentingnya alumni.

“Alumni merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari almamaternya. Oleh karena itu ketika hari ini kita menggagas berbagai kegiatam tentunya harus memperhatikan berbagai aspek.  Kendala dalam melakukan tracer study adalah bukti bahwa belum adanya kesadaran memiliki dari para lulusan terhadap almamaternya. Padalah Tracer Study akan menentukan pemeringkatan suatu Perguruan Tinggi “.

Rektor berharap mekanisme dalam menata organisasi harus diatur secara baik, sehingga alumni bisa berperan dan berkontribusi dan diharapkan MUBES yang berlangsung nanti dapat terlaksana dengan baik. Lanjutnya, saat ini Unpatti sementara membangun gedung alumni dan diharapkan akan menjadi tempat untuk menggagas berbagai kegiatan yang terkait dengan kepentingan alumni “Kami sangat mengharapkan kontribusi pemikiran alumni berdasarkan pengalaman untuk bisa berkoborasi dalam kurikulum yang dihasilkan. Universitas Pattimura akan terus berusaha agar para alumni mampu berinovasi dan berkreatifitas, sehingga dapat diserap di pasar kerja”.

Baca Juga  SANTUN pilih daftar dan deklarasi beda hari

Kesempatan ini Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini Dinas Pemadan Kebakaran Kota Ambon., Brimob Polda Maluku., PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT. Jasa Raharja (Persero)., PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero)., PT. Jasa Armada Indonesia TBK., Palang Merah Indonesia (PMI) Ambon serta para Alumni

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretraris Senat Unpatti., para Wakil Rektor., para Dekan., para Wakil Dekan., perwakilan mahasiswa Unpatti., Ikatan Alumni Komisariat., Delegasi MUBES dan undangan lainnya. (sally)